20 Pelajaran dari Walt Disney tentang Entrepreneurship, Inovasi, dan Chasing Our Dreams

image

 

Dengan menyadang titel sebagai “Happiest Place on Earth”, atau tempat paling bahagia di dunia, sangat mengesankan saat kita menyadari bahwa hanya dibutuhkan satu tahun untuk membuat konsep dan menciptakan Disneyland sebelum pertama kali gerbang Disneyland dibuka pada tangga 17 Juli, tahun 1955.

Sebagai bentuk penghormatan atas usahanya membuat imajinasi menjadi nyata, mari kita lihat apa yang dikatakan oleh Walt Disney tentang inovasi, entrepreneurship, dan chasing our dreams.

20 buah quote yang ada dibawah ini hanya merupakan sebagian kecil dari imajinasi dan pemikiran seorang Walt Disney.

Dibawah setiap quote, saya akan menjelaskan artinya menurut saya pribadi. Mungkin akan berbeda untuk masing-masing pribadi, tapi saya yakin kita semua setuju quote-quote ini akan memberi inspirasi.

1. “Semua mimpi kita bisa diwujudkan, hanya jika kita memiliki keberanian dan keteguhan hati untuk mengejarnya.”

Ya, memang diperlukan banyak dana, pekerja, dan tim yang besar untuk membangun Disneyland, tapi semua itu dimulai dari sebuah keberanian. Diperlukan keberanian untuk memulai perjalanan kita untuk melihat dan mengejar mimpi.

2. “Semua kesengsaraan yang pernah saya alami dalam hidup, masalah dan halangan yang ada, telah memperkuat saya. Mungkin Anda tidak akan menyadari saat hal itu terjadi, tapi sebuah tendangan mungkin bisa jadi hal terbaik untuk Anda.”

Perhatikan, Walt tidak berkata, “Bertahanlah saat itu terjadi” atau “Anda pasti bisa melewatinya.” Dia malah berkata bahwa :

Masalah dan halangan bisa menjadi hal terbaik yang bisa diberikan dari dunia untuk kita.

Memang bukan berarti hal itu akan terasa menyenangkan, tapi pernahkah Anda bersenang-senang saat ingin berkembang?

3. “Disneyland adalah sebuah pertunjukan.”

Pertunjukkan macam apa yang akan Anda tunjukkan untuk para klien dan pelanggan? Ingatlah bahwa semua itu adalah tentang ‘mengkomunikasikan sebuah pesan’. Pakaian, kata-kata, senyuman, semuanya!

Apakah Anda sudah mengirimkan pesan yang tepat?

4. “Disneyland adalah sebuah hasil karya cinta. Kami tidak membangun Disneyland dengan tujuan mengumpulkan uang.”

Banyak yang bisa dikerjakan selain sekedar menghasilkan uang. Tidak cukup untuk melakukan “love what you do” – pekerjaan Anda harus merupakan investasi dari kecintaan Anda. Artinya Anda harus siap untuk tidak mencapai ROI yang sempurna dalam semua hal yang Anda lakukan. Sesuatu yang biasanya merupakan rahasia untuk mencapai sesuatu yang tidak mungkin.

5. “Disneyland tidak akan pernah selesai. Tempat ini akan terus bertumbuh selama masih ada imajinasi yang tersisa di dunia.”

Pekerjaan Anda tidak pernah selesai. Sebagai pencipta dan inovator, selalu ada jalan untuk diciptakan dan diinovasikan. Artinya, tugas Anda adalah membawa produk Anda ke pasar secepat mungkin dan mengembangkannya pelan-pelan kemudian.
Jika Disneyland dibagun dalam waktu satu tahun, mungkin kita bisa menyelesaikan proyek kita jauh lebih cepat dari yang kita bayangkan.

6. “Saya tidak terpengaruh oleh teknik atau fashion yang digunakan oleh perusahaan video lain.”

Jangan biarkan situs atau bisnis lain mempengaruhi ide unik Anda. Di saat Anda melakukannya, ide Anda sudah tidak unik lagi. Tidak ada yang mendapat titel sebagai seorang inovator dengan cara mengkopi orang lain dan khawatir akan opini dari orang lain.

7. “Saya tidak berurusan dengan orang yang bersikap seperti selebritis, atau pada orang-orag yang mendekati karena Anda terkenal.”

Jangan habiskan waktu Anda dengan entrepreneur sukses yang arogan, tidak peduli seberapa sukses mereka. Mereka tentunya sudah melupakan “akar”-nya dan akan membayar untuk hal tersebut. Pastikan Anda bekerjasama dan berurusan dengan orang yang tepat.

 

8. “Saya hanya berharap bahwa kita tidak akan lupa terhadap satu hal- bahwa semua itu dimulai dari seekor tikus.”

Berinovasi adalah hal yang bagus, tapi jangan lupa alasan pertama kenapa pasar jatuh cinta pada Anda. Jangan pernah menelantarkan bisnis utama Anda.

9. “Saya lebih memilih untuk menghibur dan berharap bahwa orang-orang akan belajar sesuatu, daripada berusaha mengajarkan sesuatu dan berharap mereka terhibur.”

Bagian terbesar dari kesuksesan bisnis adalah menjadi sesuatu yang berkesan. Itu adalah pekerjaan Anda, bukan mereka.
Perasaan mengalahkan fakta-fakta yang ada.

10. “Saya bisa mengatakan bahwa masalah terbesar dalam kehidupan saya adalah uang. Butuh banyak sekali uang untuk membuat semua mimpi ini menjadi nyata.”

Jangan salah mengerti hal ini, uang dibutuhkan untuk membayar kegagalan, dan juga kesuksesan.

11. “Jika Anda bisa memimpikannya, Anda bisa melakukannya.”

Saya rasa kata-kata diatas sudah sangat menggambarkan artinya.

12. “Sangat menyenangkan saat melakukan sesuatu yang dianggap mustahil.”

Sesuatu yang mustahil BISA diwujudkan. Jangan lupakan hal ini.

13. “Sudah bukan rahasia lagi bahwa kami menggunakan semua hal yang kami miliki demi sebuah kesempatan membuat orang-orang tertarik pada sesuatu yang benar-benar baru dan unik dalam dunia hiburan.”

Inovasi adalah sebuah pertaruhan, tapi yang layak untuk dipertaruhkan adalah sesuatu yang benar-benar baru dan unik.

14. “Mickey Mouse muncul dari dalam pikiran saya ke atas kanvas gambar 20 tahun lalu saat saya sedang menaiki kereta dari Manhattan ke Hollywood pada saat keadaan bisnis saya dan kakak saya, Roy, sedang berada pada kondisi sangat rendah dan berada di ujung tanduk.”

Anda tidak akan pernah tahu kapan terobosan terbesar Anda akan datang. Tidak ada yang selesai sebelum hal itu benar-benar berakhir.

15. “Dari semua penemuan kita untuk komunikasi massal, gambar-gambar tetap menyampaikan bahasa yang paling universal.”

Saya rasa Walt Disney pasti akan sangat menyukai keberadaan YouTube.

16. “Dari semua hal yang sudah saya lakukan, yang paling penting adalah mengkoordinasi orang-orang yang bekerja bersama saya dan mengarahkan usaha mereka menuju goal tertentu.”

Semua orang harus berada di halaman yang sama, dan menuju tujuan yang sama.

17. “Semakin Anda menyukai diri sendiri, Anda semakin berbeda dengan orang lain, yang membuat Anda unik.”

Sekali lagi, dibutuhkan keberanian untuk mengejar mimpi kita. Saya percaya bahwa langkah pertama adalah memiliki keberanian untuk menerima diri sendiri apa adanya, dan apa mimpi yang kita miliki, bukan sesuatu yang kita pikir harusnya ada.

18. “Jalan untuk memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai bekerja.”

Jangan merasa termotivasi saja, mulailah bergerak. Semua ini bermula dari aksi yang Anda lakukan.

19. “Ada lebih banyak harta karun dalam buku-buku dibandingkan jumlah harta yang ditimbun bajak laut di pulau harta.”

Membaca membuat kita tetap terus belajar dan tidak berhenti menggunakan imajinasi kita, sesuatu yang sangat penting.

20. “Seorang pria tidak pernah boleh menelantarkan keluarganya demi bisnis.”

Sebagai entrepreneur, kita harus mengingatkan diri kita tentang ini secara konsisten. Satu hari bisa berlalu dengan sangat mudah tanpa berhubungan dengan keluarga, orang-orang terpenting dalam hidup kita.

sumber : startupbisnis.com

Mon, 30 Jul 2012 @11:05


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+5+6

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno