7 Langkah Strategis Bakrie Groups menuju perusahaan berkelas dunia.

image

 

(The Big Dreams of Young CEO Bakrie Groups)

world class company  ?

Ketika kita ditanya tentang perusahaan yang berkelas dunia? maka nama-nama muncul di benak kita sudah pasti perusahaan seperti Coca-Cola, Apple, Microsoft, Virgin, Honda, Samsung dan masih banyak perusahaan lainnya yang akan kita sebutkan. Tetapi apakah kita sadari yang kita sebutkan itu ada yang dari Indonesia? mungkin tidak ada nama yang akan keluar, bisa jadi karena belum ada perusahaan asli Indonesia yang sudah World Class, atau mungkin kalaupun ada, bisa jadi kita belum percaya ada perusahaan asli Indonesia yang sudah World Class.

Di tengah era globalisasi yang semakin deras, tak ada pilihan lain bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk berusaha meraih kesetaraan dengan perusahaan-perusahaan kelas dunia, world class company. Termasuk didalamnya Bakrie Groups.

Group Bakrie, sebuah perusahaan besar yang awalnya berdiri sebagai perusahaan perdagangan komoditas umum pada tahun 1942. Dan sekarang Group Bakrie adalah salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia dengan lingkup kepentingan bisnis yang mencakup pusat laba seperti infrastruktur, telekomunikasi, dan perkebunan.

(sumber : http://en.indonesiafinancetoday.com )

Sejarah singkat Bakrie Group. 

Sepanjang 70 tahun berkiprah, Bakrie & Brothers telah berupaya meningkatkan kapasitas bisnis dan meningkatkan kualitas di semua unit bisnis dalam rangka memenuhi standar internasional agar bisa bersaing di pasar global. Dalam kurun waktu tersebut, telah berdiri berbagai perusahaan yang memiliki potensi bisnis luarbiasa misalnya : Bakrie Telecom Home yang berbasis pada bisnis telekomunikasi, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk yang fokus pada karet dan minyak kelapa sawit, PT. Bumi Resources Tbk yang bergerak dibidang pertambangan, dan PT. Bakrieland Development, Tbk yang berbasis bisnis di dunia property , selain itu juga PT Energi Mega Persada Tbk yang menggeluti bisnis minyak dan gas, serta PT Bakrie Metal Industries yang bergerak di industri baja, juga banyak lagi perusahaan-perusahaan milik Group Bakrie.

(sumber : foto )

Tapi, apakah kemudian  capaian ini sudah bisa dikatakan layak masuk dalam world class company, setidaknya jika ingin terus bersaing di bisnis Internasional ini, Group Bakrie harus menguatkan lima karakteristik utama yang menjadi prasyarat "world class company", yaitu diantaranya :

  1. kompetensi
  2. kemampuan berdaptasi (adaptability), 
  3. mempunyai budaya kualitas, 
  4. inovatif 
  5. sifat entrepreneur.

Kelima karakteristik itu saling berhubungan dan harus bersinergi dengan baik.

Kompetensi dapat dimaknai sebagai kemampuan untuk beroperasi dalam standar yang tinggi.  Makna “standar yang tinggi”  bersifat dinamis, karena standar ini bukan hanya memiliki dimensi internal, tetapi harus berorientasi eksternal, yaitu berorientasi kepada para stake holder dan kepada dinamika persaingan pasar bebas. Standar Kompetensi melihat bagaimana kompetitor-kompetitor perusahaan lain dari luar negeri dan harus diterapkan di semua groups perusaan. Groups Bakrie harus mengembangkan inovasi-inovasi yang bisa diandalkan bila mereka akan bertarung di kancah yang lebih luas.

Masalahnya bagaimana menggapai impian untuk menjadikan  perusahaan kita sebuah world class company ?

Yang harus diperhatikan juga adalah kemampuan finansial, kehandalan SDM, kemampuan memanfaatkan teknologi, kepemilikan jejaring bisnis (business network)  dan penguasaan informasi strategis.  Bakrie Group juga harus mempersiapkan siapa yang mengantarkan agar ‘mimpi’ ini menjadi realitas. Dibutuhkan pola kepemimpinan yang dapat mengubah mimpi-mimpi itu menjadi kenyataan. Seorang pemimpin yang dapat ‘melihat dan bermimpi’, mengubah, dan menggerakkan  orang lain untuk mencapai tujuan.    Keterlibatan Bpk Aburizal Bakrie dalam kancah dunia politik menurut saya bukan tindakan yang tepat jika dilihat dari sudut pandang bisnis, mengapa?

Karena keterbatasan manusia inilah yang patut kita perhatikan. Jika saya membandingkan dengan mendiang Steve Jobs, bagaimana dia membangun Apple.inc, Jobs sangat total dalam mengelola raksasa bisnisnya, sehingga yang dilakukannya hanyalah focus pada produk dan development perusahaan setiap waktu. Keterlibatan dalam politik akan menghambat pergerakan bisnis, khususnya jika kita ingin menjadikan perusahaan Bakrie Ini benar-benar berkelas dunia. 

kemudian, diterapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance.

Corporate Governance dapat dipakai sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan pola manajemen yang bermutu “world class” dan dapat berdiri sejajar dengan korporasi manapun di dunia.

Sebagai seorang CEO, yang paling penting adalah keberanian, bermimpi besar, dan bertindak besar juga. Inilah yang harus dimiliki, sehingga perlu dirumuskan bagaimana lagkah-langkah besar dan realistis dalam rangka menuju “world class company”. Oleh karena itu sebagai langkah awal mengambil kebijakan sebagai CEO, SWOT perlu dilakukan agar semua strategi yang diambil realistis, terukur, dan efektif. 

SWOT Analysis Bakrie Groups

( sumber : gambar )

Strengths: 

“Knowing others is intelligence; knowing yourself is true wisdom. Mastering others is strength; mastering yourself is true power. If you realize that you have enough, you are truly rich.” Anonim

1. Salah satu Kekuatan besar dari  Bakrie Group adalah mempunyai nama besar dan brand yang sudah dibangun selama 70 tahun , serta  jaringan bisnis dari berbagai industry baik industry COAL, Oil and Gas, Metal, Property, Telco, Infrastrukture dan Media di Indonesia.

Perlu diketahui brand yang ada ini harus dipertahankan dan di tingkatkan lagi menjadi lebih baik dengan membangun brand- yang lebih mendunia, semisal mulai mensponsori event-event besar dunia. seperti bola, moto GP dan kegiatan bergengsi yang lain.

2. Memiliki program CSR yang berkelanjutan, yang menurut saya ini sangat baik untuk menjaga Brand Image positif, mengingat isu-isu negatif yang akhir-akhir ini menerpa Bakrie Group, misalnya acara-acara seperti: KPC yang keiatannya konservasi Orangutan dan Univ Bakrie Komitment Go Green dengan membangun gedung Energy Plus, Forum SR Bakrie Gelar Sharing Session II/2012 di BMF dll.

3. Kedekatan pada pemerintahan juga sangat bermanfaat dalam rangka membuat Grand Design bisnis dari Group Bakrie, dan seharusnya kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis  yang lebih besar dengan bekerjasama dengan program pemerintah seperti yang pernah dilakukan Salim groups. 

Weaknesses:   Jadikan kelemahanmu adalah kekuatanmu.. 

Tidak ada satupun perusahaan yang tidak memiliki kelemahan, begitu juga Group Bakrie. yang harus dilakukan adalah menjadikan  kekurangan-kekurangan yang selama ini ada di Group Bakrie menjadi kekuatan, dan ini adalah salah satu langkah cerdas yang harus diambil sebagai seorang CEO.  Kemudian bagaimana   memperbaikinya, terutama menanggapi isu-isu negative yang selama ini melingkupi Group Bakrie? 

1. Banyak Issue negative yang muncul di masyarakat mengenai masalah-masalah anak perusahanan Group Bakrie yang tidak mengutamakan kepentingan masyarakat, misalnya kasus Lapindo. 

Salah satu strategi meredam isu itu adalah dengan meningkatkan aktivitas yang berhubungan dengan social responsibility di setiap lokasi perusahaan Bakrie Group, sehingga masyarakat sekitar akan merasa bahwa bakrie Group banyak memperhatikan kepentingan mereka, bukankah dukungn masyarakat juga penting juka kita ingin membangun bisnis dan memanfaatkan aset yang berada diantara mereka. 

2. Banyak Issue yang di sangkut pautkan antara bisnis Group Bakrie dengan politik karena bapak Abu Rizal Bakrie menjadi Ketua Partai Golkar.

Politik, bisa menjadi blunder tersendiri dengan bisnis ketika kondisi politik atau partai yang diikuti terlibat masalah, atau bahkan jika hanya  Anggota yang lain saja sekalipun yang terlibat masalah. Akan lebih baik jika kita meilhat dari segi bisnis, dalam hal ini mendahulukan kepentingan bisnis ketimbang politik. Fokus pada dunia bisnis akan memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan korporasi, dan bisnis akan terus berinovasi ketika owner dan SDMnya foku pada pengembangan produk dan fokus pada target bisnis. lihatlah pebisnis dunia yang melegenda seperti perusahaan -perusahaan Coca cola, Virgin Toyota, Honda, Apple, Mercedes dan lainnya. Mereka fokus pada produk dan inovasi, dan bukan pada olitik.

Opportunities: 

(Sumber : foto )

Kesempatan  Bakrie Group sangat terbuka dalam rangka munuju korporasi berkelas dunia, diantaranya dengan melihat potensi yang dimiliki perusahaan-perusahaan yang menguasai sebagian besar sector strategis

Bumi resources, Bakrie Metal Industries, dan Energi Mega Pesada yang bergerak di bidang pertambangan, perminyakan dan gas berkesempatan mengembangkan menjadi perusahaan Energi berkelas dunia, dengan belajar dari Negara-negara maju dan memanfaatkan keyaan alam Indonesia. Sektor ini harus benar-benar dimanfaatkan dan perusahaan ini berkesempatan menjadi Driven Force bagi perkembangan dunia migas Indonesia. 

Bakrie Telecom perusahaan telekomunikasi dan internet ini berkesempatan menjadi satu penunjang utama group karena sektor ini memegang peranan populis. Sudah saatnya perusaaan komunikasi swasta juga bersaing di kancah internasional, dan Bakrie Telecom berkesempatan besar. 

Sumatra Plantations yang begerak dalam bidang yang berhubungan langsung dengan lingkungan perhutanan dan pertanian, berpeluang besar dengan mengoptimalkan sumberdaya alam Indonesia yang notabene jauh lebih baik dari Negara-Negara maju dan Sumatra Plantations harus memiliki respon yang cepat terhadap peluang yang ada agar tidak diambil oleh perusahaan asing.

Threats: 

Secara umum, perusahaan seperti   Bumi resources,  Bakrie Metal Industries, & Energi Mega Pesada adalah bahwa sector ini bergerak di bidang sumberdaya tak dapat diperbarui yang semakin menipis, jadi seharusnya mulai melirik bisnis renewable energy, mengembankan teknologi maju seperti sel surya, nano teknologi, dan ilmu-ilmu yang dimiliki negara maju, Bakrie Groups harusnya punya kapital untuk belajar mengejar ketertinggalan. 

Bakrieland yang bekerja di bidang infrastruktur jelas membutuhkan sumberdaya yang mulai langka yaitu kayu. Untuk itu jika perusahaan mempunyai lahan perhutanan sendiri akan ada penanaman bibit baru dan akan ada perawatan khusus oleh bagian ahli supaya menghasilkan sumberdaya secara lebih cepat dan tetap berkualitas. 

Bakrie Telecom mempunyai banyak sekali saingan provider di Indonesia. Salah satu kendalanya mungkin karena patformnya cdma yang tidak begitu populer di Indonesia. Untuk mengalihkan pasar, strateginya adalah meyesuaikan konten dari bakrie telecom dengan kebutuhan pelanggan.  

Sementara ancaman lain yang muncul dari politik adalah isu-isu  politik yang menimpa keluarga Bakrie Group. Semua kritik dan masukan harus diterima sebagai inputan untuk memperbaiki kualitas bakrie group. 

Dengan melihat SWOT analisis tersebut maka layaknya dirumuskan menjadi 7 poin strategi dalam rangka menuju “world class corporation” : 

7.  Average is Not Enough

kalau kita belajar dari perusahaan kelas dunia, mereka tidak pernah setengah-setengah dalam menjalankan bisnis mereka, menciptakan produk/jasa yang inovatif dan kreatif dan one step ahead dibandingkan kompetitornya. 

Simak saja perusahaan seperti Apple dengan iPod, iPhone, dan iPad-nya yang membuat teknologi menjadi lifestyle, kemudian menciptakan suatu standard tinggi yang sulit untuk diikuti oleh brand kompetitornya. Semua produk dari Apple bukanlah produk yang hanya rata-rata saja di pasar, semua produk nya one step ahead. 

Sudahkah Bakrie Group menerapakan standart ini di semua sector bisnisnya..? Menjadi yang biasa-biasa saja tidaklah cukup, kita harus menjadi yang luar biasa...

6.Work Smart than Work Hard

Work Smarter than Work Harder.. Dengan perubahan pasar yang begitu cepat, kerja keras saja tidaklah cukup, tetapi juga kerja cerdas. Tidak hanya cerdas dalam melihat peluang, tetapi juga cerdas dalam kolaborasi untuk menggabungkan berbagai macam sumber daya untuk mencapai tujuan. Bakrie adalah korporasi besar, dengan 70 tahun ujian perjalanan, sudah saatnya melakukan lompatan yang jauh lebih besar lagi dengan menjadikan visi baru menuju perusahaan berkelas dunia

Hal itu akan bisa  dilakukan sendiri dengan sumber daya yang terbatas, apalagi bisa masih disibukkan dengan dunia politik, karena semua bisnis berpacu untuk menjadi yang terdepan dan menjadi yang paling inovatif. Maka penting sekali untuk berkolaborasi dengan pihak lain, menggandeng pemerintah, peneliti, bahkan para ilmuan dan penemu dari dalam dan luar negeri, jika ingin bersaing dan menciptakan produk-produk unggulan. Selain itu juga harus menggabungkan kapasitas dan kompetensi sehingga bersinergi untuk mencapai suatu percepatan dalam bisnis.

5. Vision, Strategy & Tactic

Visi yang jelas, strategi jangka panjang dan taktik jangka pendek merupakan pondasi di mana perusahaan akan berhasil memiliki proses bisnis yang tidak hanya efisien, tetapi juga efektif.

Simak salah satu visi dan misi  anak perusahaan Bakrie ini :

VISION

To Be the Number One and Most Admired Integrated Agro-Business Company in Indonesia.

(menjadi perusahaan agro nomor satu dan paling dikagumi di Indonesia) 

(http://www.bakriesumatera.com/new/index.php?option=com_content&task=view&id=4&Itemid=16)

Menurut saya, sudah seharusnya kata "di Indonesia" dirubah menjadi "di Dunia" –Investasi terhadap sumber daya manusia maupun infrastruktur pendukung tidak akan sia-sia kalau visi dan tujuannya jelas. Tentusaja harus dengan proses bisnis yang benar, produk/jasa kualitasnya terjaga dengan harga yang kompetitif dan mampu diterima oleh pasar.

4. Think Globally Feel Locally

Jika kita ingin bersaing di pasar dunia, kuncinya adalah dengan mengadopsi manajemen global, belajar dari perusahaan multi nasional, sehingga standard nya adalah standard kelas dunia, namun juga harus menghadirkan karakter yang sesuai dengan karakter lokal. Karena tanpa kemampuan adaptasi untuk memahami karakter unik lokal, baik customer ataupun pola bisnis, perusahaan kelas dunia tidak akan mampu memenangkan pasar. KFC, McDonald sudah melakukan hal tersebut dalam melakukan pengembangan produk-produk dan service-nya, Bakrie Groups juga harus melakukan hal sama, bukankah sukses itu bisa ditiru..

3. Customer Connectivity & Engagement

Dengan perubahan pasar yang terjadi saat ini, maka kita tidak hanya melihat produk dan service, tetapi lebih dari itu adalah kepedulian terhadap people dan planet. Hal tersebut yang akan membuat produk/jasa memiliki value dan selalu connect dengan customer. oleh sebab itu, segala permasalahan yang terjadi di anak perusahaan Bakrie Groups, harus segera di carikan solusi. Contoh kasus seperti lapindo harus segera diatasi secepatnya dan memperbaiki citra perusahaan agar bisa menjadikan Bakrie Groups benar-benar berada dihati masyarakat. 

2. Focus on Character and uniqueness

Fokus dengan Karakter dan keunikan adalah salah satu ciri perusahaan kelas dunia. Ambil saja contoh seperti Apple, sebagai salah satu perusahaan inovatif dunia. Dia memiliki karakter yang unik dengan personal computernya. Bagi mereka produk bukanlah differensiasi utamanya, tetapi fokus dengan karakter mereka yang memberikan care kepada customernya, sehingga customernya benar-benar merasakan visi personal komputer. Sejauh ini Bakri group belum sepenuhnya menerapkan ini sebagai bagian dari corporate culture yang kuat di seluruh brand yang dimilikinya. DEngan memberikan fokus pada keunikan produk inilah maka Bakrie Group dan anak perusahaannya dapat benar-benar bersaing di pasaran.

1. Link Global for expand

Ekspansi bisnis merupakan kunci ketika kita ingin besar. Sejauh ini  bakrie group sudah memiliki sektor bisnis yang strategis dibeberapa sektor. Namun melirik asset-aset dan perusahaan besar dunia sangatlah perlu untuk mengembangkan perusahaan ini menjadi perusahaan berkelas dunia. Bakrie Groups harus  mulai bermain di luar, mempertimbangkan untuk bertarung di kancah bisnis dunia, dan membangun relasi dengan perusahaan sekelas dunia lainnya juga..

Sudah saatnya perusahaan Indonesia bersaing di kancah Internasional dan memenangi pertarunagn bisnis, dan share market Intrenasional. Finally.. GO World Class for BAKRIE GROUPS, jadikan usia 70 tahun ini sebagai sebagai awal ERA baru bagi kebangkitan bisnis Indonesia di kancah Internasional. Berkaca dari masa lalu, Action dimasa kini, dan visi masa depan.. Sukses Untuk BAKRIE GROUPS... 

ekonovianto

Eko Novianto, adalah owner dan founder blog ekonovianto.com. emailfacebook, atau twitter. Hotline 08122695918 - 085640203369    

* Sebuah catatan seandainya saya CEO Group Bakrie.

reference :

http://www.bakrie-brothers.com/
http://www.bakrietelecom.com/
http://bakrieconnectivity.com/
http://www.bakriesumatera.com/
http://www.bakrieland.com/
http://www.bumiresources.com/

Tue, 26 Jun 2012 @17:55


8 Komentar
image

Mon, 30 Jul 2012 @11:59

hakim

selamat menjadi pemenang

image

Mon, 30 Jul 2012 @13:53

tommy

congratulate mas eko the blogger as the winner.. maju terus !!!

image

Thu, 2 Aug 2012 @06:27

Destiny Glorious Hendharto

Hai Mas EKo, congrats to be the winner. I like the style of ur writing and love the way u explain each words that make sense in my mind. Great :) Bravooo yahh

image

Mon, 27 Aug 2012 @18:47

Hanifudin

Tak diragukan lagi memang sahabat yg satu ini,,,, yuk mari kita lanjutkan ,,,,

image

Wed, 15 May 2013 @15:13

Bekasi Web Design

mantap artikel'a gan... semoga sukses ajah yg udah baca artikel ini...

image

Fri, 14 Feb 2014 @04:59

mebel minimalis

berapa banyak sih perusaan bakrie group?

image

Thu, 8 May 2014 @07:04

Info Properti

Maju terus mas eko,, manstab...!

image

Mon, 26 May 2014 @00:20

Tanah Kavling

Bakrie Groups perusahaan lokal berkelas dunia. mantab artikelnya..


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

visitor counter

 

Copyright © 2018 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno