Bersyukurlah, Maka Engkau akan Bahagia

image

 

Syukur adalah bentuk terima kasih kita kepada Tuhan yang diwujudkan dalam bentuk lisan, kepuasan hati dan tindakan. Orang yang bersyukur, hatinya dipenuhi oleh kedamaian dan ketentraman, lisannya senantiasa mengucapkan terima kasih dan perkataan-perkataan positif lainnya, dan ditopang oleh tindakan-tindakannya yang banyak memberi, menjaga dan perhatian. Seorang suami yang bersyukur, maka akan mencintai isterinya sepenuh jiwa, menjaga, dan merawatnya. Seorang isteri yang pandai bersukur, maka akan memberikan pelayanan purna kepada suaminya, cinta jiwa dan raganya ia persembahkan untuk suaminya semata.

Seorang pemimpin yang bersyukur akan senantiasa bekerja optimal, penuh tanggung jawab, dan memperhatikan kesejahteraan bawahannya. Seorang karyawan yang bersyukur, akan menggunakan gajinya dengan sebaik-baiknya, penuh prioritas dan memberikan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan ia bekerja. PNS yang bersyukur, akan datang tepat waktu ke kantor, bekerja dengan menjaga keikhlasan  dan totalitas karena ia tahu bahwa ia digaji oleh rakyat. Gaji yang ia makan akan tidak lagi halal ketika ia bekerja asal-asalan.

Bersyukur dan bersabar adalah Tool sukses yang semestinya dimiliki oleh siapa saja. Kedua hal tersebut perlu dipertahankan sebagai benteng pertahanan dari berbagai fatamorgana hidup, diantaranya rintangan, tantangan, cobaan, dan musibah. Mereka yang bersyukur akan meraih manisnya syukur dan sabar itu sendiri.

Adapun manisnya syukur dan sabar itu adalah meraih kebahagiaan hidup. Cobalah anda amati siapakah orang yang paling bahagia dalam hidupnya di muka bumi ini? Jawabannya, hanyalah mereka-mereka yang bersyukur dikala mendapatkan karunia Tuhan baik berupa kesehatan, kelapangan waktu, keimanan yang kuat dalam hati, rezeki yang berlimpah dan berkah, anak-anak yang sholeh, isteri yang baik, rumah yang baik, dan kendaraan yang bagus. Dan, mereka yang bersabar dikala cobaan, musibah, rintangan, dan tantangan hidup mendera mereka. Berkat kesabaran itu mereka merasakan nikmat yang tak terkirakan di dalam jiwa. Nikmat itulah yang berupa ketenangan jiwa, ketentraman hati, sehingga membuat mereka lebih siap dan lebih tangguh dalam menghadapi berbagai problematika hidup.

Kenapa harus bersyukur? Dari realita yang berbicara, lihatlah betapa banyak teman, tetangga, atau bahkan kerabat kita sendiri, yang dengan salah satu kenikmatan yang ia terima dari Tuhan, semisal rezeki yang berlebih membuat mereka menjadi angkuh dan sombong. Akibatnya, mereka tidak disukai oleh banyak orang, bisnisnya hancur, dan akhirnya jatuh melarat. Cobalah kalau rezeki tersebut semakin membuat kakinya sering mengunjungi panti asuhan, menyantuni banyak fakir miskin, suka membantu orang yang lagi kesusahan.

Apa efek yang akan ia dapatkan? Adalah bertambah luasnya pergaulan dia, dicintai banyak orang, mendatangkan ketenangan hati dan kebahagiaan tersendiri. Mereka yang suka memberi akan mendapati kehidupannya penuh kebahagiaan, kedamaian, dan ketentraman. Buktikanlah, maka keajaiban akan terjadi.

Contoh lain, perhatikanlah orang-orang yang tidak mensyukuri harta yang ia miliki. Setinggi apapun pendidikannya, sebanyak apapun gelar yang membuntuti namanya, tetap saja tidak ampuh menjadi benteng pertahanan dirinya, ia akan tetap rakus seperti tikus, memaling setiap yang bisa dimaling. Dan bertambahlah deretan gelarnya satu lagi; koruptor. Kemudian menghirup bau buih di LP Cipinang.

Lihatlah, betapa banyak suami atau isteri yang tidak bersyukur, yang akhirnya rumah tangga yang telah dibangunnya dengan tertatih-tatih semenjak puluhan tahun belakangan hancur berantakkan, anak-anaknya menjadi gelandangan, dan harta yang terkumpul selama ini habis akibat satu kata,’Selingkuh’.

Amatilah, betapa banyak orang yang tidak mensyukuri nikmat sehat yang ia miliki, yang akhirnya di usia yang masih muda sudah menderita kanker, serangan jantung, asam urat, diabetes, dan seribu satu penyakit lainnya, akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak baik bagi kesehatan, beralkohol, dan lainnya. Saya yakin, anda bisa menambah daftar makanan dan minuman yang seharusnya anda hindari bila anda mensyukuri nikmat sehat ini.

Cermatilah, betapa banyak orang yang tidak mensyukuri nikmat ‘syahwat’ yang ia miliki. Coba bayangkan, apa indahnya hidup kalau kita tidak punya ‘syahwat’? Tanpa syahwat, anda dan saya tidak akan ada di dunia yang fana ini. Tuhan memberi kita nafsu syahwat, dan memberikan pula tempat penyaluran yang tepat. Itulah suami atau isteri anda. Tapi apa yang terjadi, tidak lain adalah ketidaksyukuran dari banyak kita. Banyak orang meniru pola hewan ternak dalam menyalurkan syahwatnya. Akhirnya, sangat banyak yang kehilangan harapan hidup, masa depannya hancur karena Aids dan HIV.

Lihatlah mereka yang hidupnya bersyukur setiap saat. Setiap kekurangan dirinya tetap membuat ia bisa tersenyum tulus dan manis, keluar dari mulutnya kata-kata positif yang menggetarkan banyak hati, dan senantiasa berupaya berbuat yang terbaik.

Lihatlah Hellen Keller, gadis buta dan tuli yang bisa menyelesaikan pendidikannya hingga ke Universitas Radcliffe, dan memberikan ceramah motivasi hampir ke setiap negara di dunia. Belajarlah kepada Ucok Baba, seorang artis yang hampir tiap hari menghiasi televisi anda. Walau tinggi badannya hanya setinggi lutut anda, namun ia tetap bisa eksis dan sukses dalam hidupnya. Coba bayangkan, apa yang akan terjadi bila Ucok Baba menangisi kekurangan fisiknya, maka dapat dipastikan kita pasti tidak akan mengenalnya dan menikmati kenakalannya, dan dipastikan isterinya yang saat ini tidak akan menerima dirinya sebagai seorang suami, dan menjadi bapak anak-anaknya. (Bersambung ke sesi 2)

Author :Ali Margosim Chaniago.  Penulis buku Lelaki yang Mengendarai Angin, Aktivis FLP, Spritual Entrepreneur-Author-Motivator  ,  Owner GajahMada Group , Pembicara yang sudah pernah lebih dari 1.000.000 orang. KOntak beliau  http://facebook.com/alimargosim 

 

 

 

 

 

Thu, 10 May 2012 @11:47


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 0+0+5

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno