Google Drive, Layanan Cloud Computing-nya Google - Meluncur April?

image

California - Kabar mengenai kedatangan layanan cloud storage Google bernama Google Drive sudah berembus sejak beberapa tahun lalu. Namun sepertinya baru tahun ini Google akan meluncurkannya. 

Adalah situs teknologi GigaOm yang pertama kali melaporkan ini. Dikutip dari GigaOm, Kamis (29/3/2012), Google Drive akan dirilis tak lama lagi, yakni pada awal April. Namun tidak disebutkan kapan tanggal pastinya.

Melalui layanan ini, Google berencana menawarkan ruang penyimpanan sebesar 1GB secara gratis. Untuk kapasitas yang lebih besar, akan dikenai biaya bervariasi sesuai kapasitas yang dipilih. 

Adapun interfacenya, disebutkan GigaOm mengutip narasumber Google yang tidak disebutkan namanya, mirip seperti Google Docs. Akan dibuka juga API untuk aplikasi dari pihak ketiga, sehingga pengguna bisa menyimpan konten dari aplikasi eksternal menggunakan layanan ini. 

Layanan cloud storage Google pertama kali terdengar sekitar enam tahun lalu, sekitar Maret 2006. Kabar ini bocor dari bahan presentasi Google yang membahas Google Drive atau mereka juga menyebutnya sebagai 'Gdrive'.

Sejak saat itu, rumor peluncurannya timbul tenggelam. Sepertinya, dengan kian populer layanan cloud storage akhir-akhir ini, Google berpikir inilah saatnya Google Drive meluncur. Namun Google sendiri belum mengonfirmasi hal ini

--->.detik.co

Google bakal meluncurkan proyek layanan komputasi awan yang dinamai Google Drive pertengahan April ini. Layanan yang dirancang untuk menyaingi Dropbox dan iCloud ini mempunyai kapasitas penyimpanan hingga 5 gigabita. Kapasitas ini 4 gigabita jauh lebih besar dari rumor yang beredar sebelumnya.

Berdasarkan screenshot yang dikutip dari situs teknologi BGR.com, Google Drive dapat diakses melalui komputer, ponsel, tablet, dan melalui web browser.

Dengan Google Drive, pengguna dapat mengedit dokumen seperti foto, video, dan jenis dokumen lainnya yang tersimpan di Cloud. Menurut BGR.com, layanan Google Drive ini akan diluncurkan pada 16 April nanti.

Jenis data yang dapat disimpan dalam Google Drive, seperti video, dokumen, dan musik. Selama ini, raksasa mesin pencari itu baru menyediakan Google Documents dengan kapasitas sebesar 1 gigabita.

Dengan layanan ini, pengguna gadget apa pun bisa menyimpan dan mengambil data yang mereka letakkan di "lemari" virtual, kapan dan di mana saja, asalkan terkoneksi ke Internet. (*/Tempo.co)

sumber : Ciputra dengan perubahan seperlunya.

 

Sat, 7 Apr 2012 @19:24


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

visitor counter

 

Copyright © 2018 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno