9 Sikap Buruk Entrepreneur yang harus dihindari.

image

Yang namanya manusia, siapa yang tidak pernah salah. Melakuakan kesalahn adalah wajar, tetapi tidak belajar dari kesalahan adalah hal yang bodoh. DAlam bisnis, apalagi jika masih belajar seperti saya ini, pasti banyak melakukan kesalahan, diawal-awal. Apalagi bisnis yang dijalankan dengan Otodidak. Setelah beberapa tahun menjalan bisnis, ada kebiasaan buruk yang sangat fatal sehingga mempengaruhi bisnis kita. Berikut beberapa kesalahan yang terinventarisir semoga menjadi pelajaran kita semua.

1.  Gagal membangun kepercayaan dan Integritas.

Pebisnis baru sering sekali gagal dalam membangun kepercayaan. Baik itu kepercayaan dari karyawannya sendiri, terlebih lagi gagal meyakinkan konsumen untuk memakai produk atau membeli barang dagangannya. Seringkali karyawan di perusahaan kecil tidak bertahan sampai satu tahun, karena mereka keluar dari perusahaan karena melihat perusahaannya tidak berkembang.

Dalan hal membangun kepercayaan kepada konsumen juga tidak mudah, apalagi perusahaan jasa. Konsumen lebih percaya pada perusahaan yang sudah berpengalaman  sekian tahun daripada perusahaan kita yang barusaja berdiri. Oleh sebab itu, membangun kepercayaan kepada konsumen sangat penting seperti, menyelesaikan orderan tepat waktu, garansi atas produk dan bonus-bonus tambahan agar konsumen dating lagi.

2. Fokus pada hal-hal yang tidak begitu penting.

Terkadang kita sering sekali terjebak pada aktifitas yang sebenarnya tidak begitu penting. Sebaiknya aktifitas aktifitas yang kita lakukan fokus pada kegiatan bagaimana menumbuhkan revenue, mendapatkan dan menjaring pelanggan yang baru, menjaga pelanggan yang lama, atau menekan biaya prosuksi. Nah hal-hal seperti inilah yang semestinya kita perhatikan.

3. Melalaikan Pencataan.

Seorang pendiri perusahaan harus menyadari betapa pentingnya melakukan pencatatan bisnis, terlebih lagi bisa membaca pembukuan. Dia harus tahu kondisi perusahaan dengan pembukuan. Dalam sebuah training di IIBF, disana disampaikan bahwa “number tell you everything” jadi dengan hanya melihat pencatatan saja harusnya kita tahu perusahaan kita sedang dalam kondisi baik atau tidak.?

4. Gagal mengembangkan apa yang penting dalam perusahaan.

Perusahaan besar, selalu punya core value, corporate culture agar menjaga sesuatu yang penting dalam bisnis terus dijalankan dalam sebuah perusahaan. Sebagian besar start up bisnis, tidak memperhatikan apa nilai atau corporate culturenya. Tidak menanamkan visinya, dan   tujuan jangka panjangnya.

5. Terlalu mengandalkan keputusan bersama, bukan yang ‘Benar’

Seringkali langkah sebuah perusahaan dalam melakukan inovasi, didasarkan pada keputusan bersama. Bisa jadi apa yang menjadi keputusan bersama ini bukanlah langkah yang tepat.

6.  Memprioritaskan membangun popularitas, iklan dan Brand

Membangun Brand dan popularitas memang penting, tetapi jika tidak diimbangi dengan kapasitas dan kapabilitas dalam menangani konsumen juga akan membawa petak dalam bisnis. Brand naik selama pelayanan dan kapasitas perusahaan juga naik.

7.  Terjebak di “dapur”

Banyak pendiri perusahaan terjebak di “dapur’ nya sendiri. Dia sibuk dan asyik berkutat dengan aktivitas perusahaan internalnya, sehingga lupa memikirkan yang lain. Seorang pebisnis harus berfikir global, bukan parsial. Menyeluruh dan bukan setengah-setengah saja.

8.   Merasa BESAR.

Merasa besar, artinya belum besar. Terkadang banyak wirausahawan baru merasa menjadi besar padalhal baru saja memulai bisnis, ini yang fatal. Lebih baik merasa kurang sehingga kira lebih bnayak belajar dan terus belajar.

9.  Memperbaiki masalah, bukan penyebab.

Jangan memperbaiki masalah tanpa mencari penyebab masalah ini bias terjadi. Alasan yang paling umum diberikan meliputi kurangnya waktuuntuk segera mengatasi penyebabnya, kurangnya sumber daya untuk mengatasi penyebabnya, atau masalah adalah di luar kendali mereka. Seorang pebisnis yang baik selalu menemukan cara untuk memperbaiki masalahnya dengan mencari tahu penyebabnya.

Demikian beberapa catatan yang barangkali Anda pernah mengalaminya, jika ada tips lain atau Anda punya saran, biarkan kami tahu, silahkan isikan di kolom komentar.

Popular Post ( Month)

 

7 Fakta "menyesatkan" ajaran Bob Sadino dalam Bisnis ( yang wajib Anda tahu) 

Tips "MENJUAL" jadi semudah membalikkan telapak tangan, Mau?

Begitu Berharganya Sebuah Ide

from WEAKNESS to GREATNESS - Bagaimana Mengubah Kelemahan menjadi Kekuatan Tak Tertandingi

Pemasukan 25 Juta Per Bulan, Beranikah Anda?

 

 baca Juga yang ini : 

  1. 4 Top Tips, Agar Bisnis Anda bertahan Ratusan Tahun.

  2. 8 Tips Sukses dari Orang Paling Kaya di Asia (plus Biografi)
  3. 7 Fakta "menyesatkan" ajaran Bob Sadino dalam Bisnis ( yang wajib Anda tahu) 
  4. 8 Tips menciptakan judul fantastis.
  5.  5- Aturan Sederhana , Yang Harus Diikuti Para Networker.
  6. Tingkatkan Daya Saing Nasional, MITI Rangkul Mahasiswa
  7. Bagaimana Menjadikan Kartu Nama Anda UNIK ? (Studi Kasus+Contoh
  8. 6 - Tips dan Tricks agar bisa menulis Cepat (dan Professional)
  9. Sekolah 5 Senti - (Energi Untuk Menggapai Sukses dari maupun tanpa SEKOLAH ) Oleh: Rhenald Kasali *
  10. Tampil Beda dengan Gerakan Social Entrepreneurship ( contoh SUKSES cerita brightideacommunity -BIC) 
  11. 50 Quotes Paling Inspiratif - Untuk Entrepreneur (+gambar) 
  12. 7 buku yang wajib dibaca para Entrepreneur (TAHUN 2011) 
  13. 55 Quotation yang akan merubah cara berpikir Anda (Gambar) - PART 1 
  14. 55 Quotation Yang Akan Merubah Cara Berpikir Anda (Gambar) - PART 2

Jika ada pertanyaan atau pendapat , silahkan isikan kolom komentar berikut :

 

Sun, 11 Mar 2012 @20:44


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+4+1

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno