Pentingnya sebuah'Visi'... (* teringat akan pelatihan - Action Coach- Yohanes G Pauly)

image

 

Kemarin siang, jalan bareng sama rekanku yang sama-sama baru pulang dari Jerman, ke sebuah perkampungan di  daerah semarang. “ Dulu saya pertama kali pindah ke semarang pernah tinggal sebulan di daerah ini loh” kata dia.. Ternyata sudah 8 tahun lewat tidak banyak yang berubah, kemudian pulangnya kita mampir di tempat penjual soto langgannanya waktu dulu.  

Kemudian saya berpikir… Kira-kira ? mengapa penjual soto, lapak majalah, penjual bakso dan beberapa penjual yang lain yang saya perhatikan.. tidak berubah bisnisnya semenjak delapan tahun yang lalu.. tidak banyak berinovasi, masih bagus dia bertahan, tapi apa kira-kira yang membuat mereka tidak berkembang..sehingga saya teringat sebuah seminar bisnis yang pernah saya ikuti di Jogjakarta beberapa tahun yang lalu. waktu itu masih ikut seleksi program coaching wirausaha muda mandiri. Ketika itu, materi bisnis dan motivasinya di bawakan oleh Mr.  Yohanes G pauly. Salah satu Coach professional muda dari Action Coach. 

Pada waktu itu dia menyampaikan pentingnya sebuah visi, impian, dan mimpi besar dalam membangun bisnis.  Entahlah Mungkin dia sudah lupa dengan saya, karena peserta yang lumayan banyak. Ketika itu kita diminta membuat Dream Board, dimana setiap impian kita pasang di selembar kertas dengan memotong-motong gambar dari majalah dan menuliskan semua keinginan kita di kertas.. Sangat menarik sekali.. Mr. Yohanes juga mencontohkan dream board dan impiannya secara detail miliknya, kapan menikah, punya anak pertama, anak kedua, bahkan sampai naman-nama anak Mr. Yohanes sudah menyiapkan semuanya.. fantastis..

Lalu.. apa sebenarnya sebuah Visi itu..?

Visi adalah NIAT, KEHENDAK, CITA-CITA, IMPIAN,  KEMAUAN, HARAPAN, TUJUAN, pandangan jauh atau LANDASAN PIKIR pendirian dan arah pengembangan dimasa yang akan datang ( WANT TO BE ) dari pelaku Bisnis ataupun  bisa dalam hal yang lain. Visi itu seperti benih yang Tuhan letakkan dalam hatimu dan akan tumbuh menjadi besar bahkan bisa terus berkembang.

’’Visi menggambarkan keadaan yang ingin kita capai dimasa depan, sesuatu yang akan menjadi tujuan dalam jangka panjang’’

Mari kita kembali ke penjual soto tempat saya mampir dengan rekan saya tadi. Menurut saya, mereka tidak punya visi, atau mungkin visinya terlalu pendek.. sehingga mereka tidak punya energy dorong yang kuat yang bisa memajukan bisnis seseorang.  Mungkin mereka hanya berpikir, yang penting besok bisa jualan, masalah inovasi, manajemen, pengembangan.. natilah. Begitu kira-kira pemikiran orang –orang yang saya sebutkan tadi, stagnan tidak ada perkembangan.

Visi membuat orang terus bergerak dan menciptakan hal-hal baru dalam rangka mencapai tujuan. Semakin jauh visi seseorang, semakin besar energy yang dia miliki dalam mengelola bisnis, dalam beraktifitas, dan dalam hal apapun.  

Masih ingat mendiang Steve Jobs, dia pernah berkata “Jangan biarkan opini orang-orang mengubah suara batin Anda. Yakin dan ikutilah suara hati dan intuisimu. Hal-hal lain hanyalah faktor sekunder,” seorang yang punya Visi jangka panjang dalam mengembangkan teknologi, dan menjadikan perusahaanya besar.. Apple.inc. sehingga dia layak disebut sebagai “lelaki yang mendifinisikan Abad XXI”.. sangat Visioner.

Adalah Jobs dengan visi masa depannya yang mewujudkan sebagian mimpi fiksi ilmiah jadi kenyataan. Ini bermula pada 2001 dengan peluncuran iPod, alat pemutar musik digital mini, yang serta-merta menggeser kemasyhuran Walkman dari abad sebelumnya.

Kesuksesan iPod, didukung  iTunes, disusul berturut-turut iPhone pada 2007 dan iPad pada 2010. Produk terakhirnya—yang berbentuk seperti sabak, papan tulis dari batu berbingkai—inilah yang mengguncangkan dunia dan mengubah cara hidup orang dari abad-abad lampau, mulai dari cara membaca buku, melihat peta, menonton film, bermain musik, sampai bermain catur.

Bagaiman dengan Kita.. ?

Rekan-rekan semua, mari kita  berhenti sejenak, mari kita atur dulu langkah kita, putar music instumen yang enak, kemudian.. mari kita periksa kembali, kita perbaiki lagi Visi kita, dan kejar lagi..:  dulu bersama pelatihan Actin Coach saya pernah menorehkan beberapa Impian, dan Visi.. Mari kita periksa kembali apakah masih ada di jalurnya?, silahkan rekan-rekan sekalian juga melakukannya..?

  1. Apakah visi kamu memberi arah hidup kamu?
  2. Apakah visi kamu menghasilkan daya tahan untuk menghadapi tantangan yang ada?
  3. Apakah visi kamu berdampak terhadap hidup, keluarga, pekerjaan, lingkungan dan pandangan kamu terhadap Tuhan?

Semoga Visi, impian dan harapan rekan semua tercapai tahap demi tahapannya, dan menjadi kenyataan dan menjadi cerita Indah hidup Anda…

PS : sebagian mimpi itu terwujud dengan indah..  Mr. Pauly.. Menikah sesuai target, ke Eropa, Perancis, mampir ke Belanda, Sebagian lagi segera terwujud, dan yang lain masih berproses.. dan bahkan bermunculan yang BARU..  senang dulu pernah bertemu Mr. Pauly,, -  sayang tidak menyimpan photo. :-( - "Let's keep the passion real!" ( Coach Yohanes Pauly)

baca Juga yang ini : 

  1. 7 Fakta "menyesatkan" ajaran Bob Sadino dalam Bisnis ( yang wajib Anda tahu) 
  2. 8 Tips menciptakan judul fantastis.
  3.  5- Aturan Sederhana , Yang Harus Diikuti Para Networker.
  4. Tingkatkan Daya Saing Nasional, MITI Rangkul Mahasiswa
  5. Bagaimana Menjadikan Kartu Nama Anda UNIK ? (Studi Kasus+Contoh
  6. 6 - Tips dan Tricks agar bisa menulis Cepat (dan Professional)
  7. Sekolah 5 Senti - (Energi Untuk Menggapai Sukses dari maupun tanpa SEKOLAH ) Oleh: Rhenald Kasali *
  8. Tampil Beda dengan Gerakan Social Entrepreneurship ( contoh SUKSES cerita brightideacommunity -BIC)
  9. 50 Quotes Paling Inspiratif - Untuk Entrepreneur (+gambar)
  10. 7 buku yang wajib dibaca para Entrepreneur (TAHUN 2011)
  11. 55 Quotation yang akan merubah cara berpikir Anda (Gambar) - PART 1
  12. 55 Quotation Yang Akan Merubah Cara Berpikir Anda (Gambar) - PART 2

 Jika anda punya pengalaman lain.. share dengan kita dikolom komentar berikut..

 

Sat, 10 Mar 2012 @10:03


2 Komentar
image

Sat, 10 Mar 2012 @22:34

Yohanes G. Pauly

Eko, the Law of Attraction yang membuat saya membaca posting Eko saat ini di Facebook... Dan terima kasih jika pertemuan singkat kita dapat. Erdampak ke hidupmu.. Saya yang sangat bersyukur pada Tuhan dapat dipertemukan denganmu saat itu, karena dengan demikian, paling tidak hidupku dapat berdampak ke Eko, walau sedikit. :-)
Steve Jobs adalah salah seorang hebat yg mempunyau mimpi besar - dan berani mewujudkannya! Hidupnya berdampak buat dunia.. Ia mengubah dunia! (Bahkan saya menulis comment ini di iPad saya!).
THINK BIG, START SMALL, MOVE FAST!
Sampai bertemu lagi di kesempatan lain, Eko...
http://www.yohanespauly.com/

image

Sun, 11 Mar 2012 @06:44

ekonov

Thanks, Mr Yohanes G. Pauly sudah mampir ke bog sederhana ini, dan ya..
mengingatkan kembali quotes Vaforit 'THINK BIG, START SMALL, MOVE FAST!'..
semoga suatu saat di pertemukan kembali.. sukses selalu Mr. Yohanes..


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+9+3

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno