Kategori

7 Fakta "menyesatkan" ajaran Bob Sadino dalam Bisnis ( yang wajib Anda tahu)

image

Siapa yang tidak mengenal Bob Sadino ( biasa di panggil Om Bob) icon bisnis dan motivasi yang sudah banyak menghiasi dinamika bisnis di Indonesia. Bob Sadino dikenal blak-blakan dalam menyampaikan seminar Bisnis, dan selalu  tampil dengan ciri khasnya yaitu celana pendek.  Beberapa  kali mengikuti seminar dan diskusinya, Anda pasti akan merekam statement-statement keras yang barangkali tidak lazim bagi Anda. Statement yang menyebabkan kontroversi, dan bahkan menyebabkan beberapa mahasiswa akhirnya keluar dan berhenti dari bangku kuliah.

Siapa Bob Sadino? Saya tidak akan membahas lebih dalam, Anda bisa search di google.

Sebagai orang yang cerdas, apa yang disampaikannya terkadang tidak masuk diakal dan tidak logis. itulah sebabnya Anda,  apalagi yang masih belum banyak mengenal seminarnya beliau, harus menelaah dan mencermati apa maksud ungkapan beliau dan apa yang terkandung  dari statement yang beliau sampaikan. Selama mengikuti beberapa kali seminar yang beliau sampaikan, berikut ada beberapa catatan saya pribadi, yang menurut saya ‘menyesatkan’ jika kita menelan mentah-mentah apa yang disampaikan. Ini merupakan pendapat saya pribadi, Anda boleh sependapat boleh juga tidak, itu hak Anda, coba simak statement yang sering beliau ungkapkan berikut ini.

Apa Ajarannya ?

1. Jika ingin bahagia (sukses) Jangan jadi karyawan.

Ketika mengikuti seminar di semarang, salah satu statement yang membuat gemuruh peserta adalah, bahwa.. ” jika ingin bahagia (sukses) jangan jadi karyawan..” padahal audience dari seminar itu adalah sebagian karyawan..

Statement beliau ini menurut saya, tidak salah. Namun juga tidak sepenuhnya benar. Kebahagian dan kesuksesan itu tidak semata-mata diukur dari banyaknya materi, dan apa profesi seseorang. Lalu apakah hidup sebagai karyawan itu tidak bahagia? Tidak juga. Banyak karyawan yang bahagia dengan segala kondisinya. Tentu parameter kebahagian berbeda, beda setiap orang. Apakah statement ini salah? Tidak juga.. memang peluang mencapai kebahagian dengan keberlimpahan materi akan lebih terasa jika kita menggapainya melalui bisnis, melalui dagang dan sukses. Tetapi tidak sedikit juga pengusaha yang terlilit hutang dan akhirnya sengsara. Sekali lagi pilihan sukses dan bahagia itu bergantung yang menjalani. Tentu dengan konsekuensi masing-masing memang dengan berbisnis, peluang seseorang untuk mencapai puncak kebahagian jauh lebih terbuka. 

2. Kuliah itu Gobl*k-siapa yang hadir di seminar ini, besok jangan masuk Kuliah.

masih di seminar dikota yang sama, beliau secara terang-terangan menyampaikan kalau kuliah itu kegiatan  Gobl*k, besok jangan masuk kuliah. Sangat frontal memang, menyampaikan statement seperti itu didepan ratusan mahasiswa dan akademisi. Tentu saja banyak audience yang kemudian heboh dengan sendirinya, maklum sebagian peserta seminar itu adalah anak muda yang polos, lugu, dan baru semangatnya mencari jatidiri di kampus tercinta.. mendengar statement itu tentu batinnya berontak..

Namun kalau kita mau berpikir mendalam, apa yang disampaikan om Bob ini sebenarnya sangat masuk akal. Namun bagi sebagian orang ini justru menyesatkan, apalagi bagi MABA (mahasiswa Baru). Maksud saya, jika Anda ingin mencapai karir bisnis Anda dengan otodidak dan belajar berjualan sablon printing, misalnya ( seperti yang banyak dilakukan MABA saat membuat bisnis plan ) terus apa gunanya kuliah, kalau yang dipelajari adalah science. Maka apa istilah yang tepat kalau bukan Gobl*k (versi bob sadino). Contoh lagi, bisnis di bidang hiburan  padahal kuliahnya psicology, bisnis di bidang desain padahal kuliahnya di MIPA, bisnis makanan padahal kuliahnya di TEKNIK, bagaimana gak Gobl*k.. apa yang susah-susah di pelajari, tidak dipakai dalam bisnis. Lalu bagaimana seharusnya?

3. IPK diatas 3 koma alamat calon karyawan.

Satu fakta yang menarik, kata dia.. kalau kuliah kok IPKnya diatas 3, itu tandanya calon karyawan. Hmm, sangat masuk akal. Karena kecenderungan orang yang memiliki IPK bagus apalagi di Fakultas Favorit, tentu memiliki idealisme tinggi, mengaplikasikan ilmunya. Tidak lain adalah melamar kerjaan, di  perusahaan dan menjadi karyawan. Itulah mengapa justru bob sadino mengajarkan, kalau mau sukses bisnis IPK harus jeblok. Tidak salah sih.. karena dengan demikian tidak memiliki pilihan lain selain berwirausaha, karena kalaupun mau melamar kerja juga tidak ada yang menerima karena IPKnya dibawah standart, justru dengan demikian akan ‘terpaksa’ memilih jalan entrepreneur. Lalu apa jadinya kalau IPK diatas 3, kemudian memilih berbisnis… Ada, tapi sangat sedikit.. sekali lagi Life is a choice.. secara logika harusnya yang IPKnya diatas 3 ini juka diaplikasikan dalam bisnis harusnya lebih bagus lagi hasilnya.. bukankah begitu?

 4.  Kuliah itu hanya memasukkan ‘sampah’ ke kepala Anda.

Salah satu Fakta yang menyesatkan lainnya adalah “ Kuliah itu memasukkan ‘Sampah’ ke kepala Anda. Bagi setiap orang yang masih kuliah mendengar statement ini pasti protes, tidak terkecuali peserta seminar yang notabene masih kuliah. Mereka merasa apa yang dilakukan setiap hari berarti memasukkan sampah kekepala mereka..? apakah ini salah?, tidak juga.. karena memang apa yang dipelajari itu tidak dipakai di kemudian hari, jika kita bercita-cita menjadi bisnisman sukses sepertia om Bob. Apa sebabnya? Bob Sadino meniti karir bisnisnya dari Nol, dan mempelajarinya dari lapangan, dari pengalaman dan dari percobaannya sendiri. Makanya saat mempelajari sesuatu di banku kuliah sementara apa yang dipelajari itu tidak dipakai maka apa yang dipelajari itu menjadi sampah bagi otak kita. Satu statemen yang menguatkan ini adalah bahwa dia berpesan, “jadilah manusia pembelajar”.  Jangan hanya dari bangku kuliah, tapi pelajarilah dari kuliah kehidupan yang Anda jalani.

 5.  Kalau ingin kaya, bisnis sayuran.

Haha.. secara, awalnya beliau adalah pengusaha sayuran pantas saja usaha yang direkomendasikan adalah bisnis sayuran, ini adalah tipikal orang yang konsisten dengan apa yang diucapkan. Dia mengajarkan apa yang dia lakukan, menunjukkan apa yang sudah dilalui -  jadi tidak asal bunyi saja. Cerdas.

6. Pebisnis itu harus nyentrik.

Apakah pebisnis harus nyentrik? Hmm bisa iya, bisa juga tidak.. kalau tipikalnya om Bob sadino, senyentrik itu pun tentu orang akan menaruh rasa hormat ke beliau, maklum.. selain pengusaha, dia juga menjadi mentor banyak orang, dan menghasilkan pengusaha yang berbobot juga dibawah angkatannya Om BOB. Wajar bila senyentrik apaun penampilannya oran akan segan dengan beliau.. Nah kalo kita-kita, itu nafsi-nafsi saja.. ingin nyentrik silahkan, tidak juga ndak ada masalah.

7.  Bisnis Itu Hanya Modal dengkul, bahkan jika Anda tidak punya dengkul – pinjam orang dengkul lain.

Banyak peserta di sesi Tanya jawab mengeluhkan tentang keterbatasan modal yang dimiliki, lalu apa kata om Bob tentang ini, dia berujar;  mau gak kira-kira kalo dengkulnya dibeli  500juta..? tidak mau kan, berarti Anda punya modal 1 milyar dengan 2 dengkul Anda, :-) kurang lebih begitu.. see.

(foto bersama beliau saat selesai seminar ).

Begitulah karakter Om Bob yang Nyentrik, ‘menyesatkan’ bagi sebagian orang yang hanya menangkap apa yang diucapkan tapi bukan apa yang ingin disampaikan, beruntunglah orang yang disesatkan beliau kejalan kebaikan kemudian menjadi entrepreneur, dan sukses. Jika gagal, maka wajib menghabiskan kegagalan itu hingga hanya berhasil yang bersisa. Ada satu statemen yang menarik yang patut  Anda catat. Suatu ketika di solo, ada peserta yang bertanya.. “Bisnis apakah yang Prospektif Om Bob ..? dia menjawab “Bisnis yang prospektif adalah bisnis yang ‘dibuka’ bukan ditanyakan terus.. :-D” sangat singkat namun mengena…  

ketika ditanya, berapa kekayaan om Bob saat ini?, dengan nyantai dia akan menjawab, tidak tahu.. yang jelasa banyak, saya saja gak pernah ngitung.. gitu..

jujur saya juga kagum dengan semangat beliau menyebarkan entrepreneurship dikalangan pemuda.. semoga berkenan.  

Jika anda punya pengalaman lain.. share dengan kita dikolom komentar berikut..

baca Juga yang ini :

  1. 8 Tips menciptakan judul fantastis.
  2.  5- Aturan Sederhana , Yang Harus Diikuti Para Networker.
  3. Tingkatkan Daya Saing Nasional, MITI Rangkul Mahasiswa
  4. Bagaimana Menjadikan Kartu Nama Anda UNIK ? (Studi Kasus+Contoh
  5. 6 - Tips dan Tricks agar bisa menulis Cepat (dan Professional)
  6. Sekolah 5 Senti - (Energi Untuk Menggapai Sukses dari maupun tanpa SEKOLAH ) Oleh: Rhenald Kasali *
  7. Tampil Beda dengan Gerakan Social Entrepreneurship ( contoh SUKSES cerita brightideacommunity -BIC)
  8. 50 Quotes Paling Inspiratif - Untuk Entrepreneur (+gambar)
  9. 7 buku yang wajib dibaca para Entrepreneur (TAHUN 2011)
  10. 55 Quotation yang akan merubah cara berpikir Anda (Gambar) - PART 1
  11. 55 Quotation Yang Akan Merubah Cara Berpikir Anda (Gambar) - PART 2

 

Wed, 7 Mar 2012 @09:16


14 Komentar
image

Wed, 7 Mar 2012 @12:46

Santoso

Menyesatkan ke jalan yang benar...!

image

Thu, 8 Mar 2012 @21:02

ardianzzz

mungkin ada yang kurang tepat dengan gaya bicara & statement-statement Bob Sadino. Coba kalau dulu dia kuliah, pasti bisa lebih baik lagi tuh orang

image

Sat, 23 Jun 2012 @08:26

hans

ya jelas saja anda tidak sepahamm.. karna anda termasuk orang yang menggunakan otak kiri.... alias (akedimis) kalau anda menggunakan otak kanan... maka anda bisa menganalisanya..., ingat menganalisa pembicaraan seorang pengusaha harus dengan otak kanan dulu... barulah otak kiri......

image

Tue, 22 Jan 2013 @13:45

Dani Siregar

Yang dibilang om Bob itu hal yang normal dan wajar menurut saya. :D

image

Tue, 22 Jan 2013 @14:48

ekonov

@Santoso : bener mas.. tergantung sudut pandang, sesat kejalan yng benar...
@Ardianzzz, begitulah gayanya orang yg sudah makan asam garamm.. @Hans, saya justru sepaham dengan om Bob mas.. :-D
mas Dani, berarti Anda juga sesat kejalan yg benar... selamat mas..

image

Mon, 18 Feb 2013 @14:02

anton

Kalau mau jadi orang kaya memang tidak harus kuliah. tapi kalau mau mempelajari keahlian, misalnya jadi dokter,teknik mesin,dll , harus kuliah. hasil nya akan punya keahlian, tapi belum tentu kaya.

image

Fri, 15 Mar 2013 @13:02

prelucman

bisnis yang paling top markotop itu bisnis yang segera di buka. walau itu tak pasti

image

Sun, 31 Mar 2013 @01:45

Imam Munawir

Saya Imam dari Kota Samrinda, Saya pernah berkunjung kerumah beliau di Lebak Bulus, PDK. pendapat saya beliau orang yang benar-benar simple, orang yang tidak mudah menerima perkataan beliau di karenakan orang tersebut merasa pintar ketika bertanya atau mendengarkan. Saya berusaha mengosongkan gelas saya ketika mendengarnya, meskipun kadang gelas saya mulai penuh lagi dan lagi. inti yang saya dapat adalah beliau menjadi sukses karena keras hati (artian Positif). dan beliau itu pena, mami(Istri beliau) adalah tintahnya. Itu pendapat saya. menambah sudut pandang anda.

image

Sat, 15 Jun 2013 @04:47

anoni

bener semua tuh kata om bob,,,capek2 gua kuliah cuma jadi karyawan...
selama kuliah cuma diajarin nilai bagus perusahaan bagus...
gak salah klo lu ngomong gtu klo universitas lu kyk harvard...

rata2 orang sukses itu yang di DO kok malahan

klo kebahagian bukan karena materi terus kenapa kita habisin seumur hidup kita kerja sama orang???

image

Tue, 23 Jul 2013 @18:01

kuning

kakek-kakek keren :), saya jadi bisa nyundir kakak yang kuliah , dengan sebutan otak nya penuh sampah

image

Sat, 1 Feb 2014 @02:00

Blabla

Bisnis sayuran itu terbukti bisa kayaraya... Anda yg tdk prbh tau org yg kaya memulai usahanya dari kecil atau dri bawa. Dia hanya memotivasi lewat pemikiran dan pengalaan dia. Ambil hal positif buangvyg negatif. Manusia tdk advygvsempurna.

image

Wed, 26 Feb 2014 @17:30

Adib

@ardianzz

kalo dia dulu kuliah, mungkin dia tidak akan jadi wiraswastawan sukses seperti ini. :)

jalannya sudah berbeda. :)

image

Tue, 27 May 2014 @02:38

fadli

Saya kuliah lulusan s2 tapi saya sangat setuju dengan statment om bob, memang adanya keberhasilan setelah orang melampaui banyak rintangan dan salah satunya adalah kegagalan tersebut.
menurut saya pemikiran om bob, lebih tinggi dari pada s1, s2 dan s3, yaitu ilmu kehidupan, yg beliau katakan adalah akar dari segala teori.
mau bisa menelaah ? belajarlah dulu, kalau anda masih kuliah, selesaikan kuliah anda setinggi-tingginya.
kalau anda ingin berbisnis jangan berpatokan pada IP anda.

image

Sat, 2 Aug 2014 @17:25

Tekunik

Udah saya amalkan.. XD


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+5+9

Poser Artikel
Bisnis Q

cakrawala tour

Nasyid Center Info

 

facebook fans

Link SUPPORT

contoh company profile perusahaan , lcd proyektor semarang , video profile semarang ,jasa pembuatan video company profile , jasa video company profile semarang , company profile,

visitor counter

 

 

Produk Ekomart Terbaru
Produk EKOMART
Merk EKOMART
Copyright © 2014 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved