Dicari 104 Inovasi Paling Prospektif Indonesia...!!

image

Innovation and imagination give an economy or a company that extra edge. Today, wealth generated by new ideas.  ( Goh Chok Tong, Prime Minister Singapore)

Seorang Steve Jobs, Founder Apple inc. adalah contoh inovator handal, meskipun ia bukanlah inventor. Sering kali kata invensi dan inovasi itu terbalik-balik dalam penyampaian maknanya. Inovasi itu adalah hasil pengembangan dari suatu invensi (temuan). Inovasi adalah kata kerja. Kerja seperti yang dilakukan Steve Jobs, misalnya. Ia handal dalam teknik presentasi dan pemasaran  ide baru yang kemudian menjadi produk baru Apple. Produk  yang dilansir banyak media di muka bumi ini sebagai paling inovatif.

Steve Jobs dan Apple punya ceritanya sendiri. Lalu bagaimana dengan inovasi anak bangsa. Siapa sajakah Inovator negeri ini?

Kementrian Riset dan Teknologi RI. Sejak tahun 2008 lalu. Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional ke -100. Lahir sebuah gagasan untuk membukukan 100 Inovasi Indonesia paling prospektif. Paling prospektif ini ditekankan untuk menyatakan bahwa karya-karya inovasi tersebut–belum atau sepenuhnya– teruji secara ekonomis maupun secara komersial. Untuk itulah, para investor diundang bekerjasama dengan para inventor guna mendayagunakan prospek inovasi ini

Ide ini digadang untuk membangkitkan optimisme anak bangsa. Seperti yang juga disampaikan Presiden SBY ” Indonesia Bisa!”  Buku 100 inovasi Indonesia tersebut berlanjut setiap tahunnya menjadi seri 100 + Inovasi. Tahun 2012 ini, seri buku tersebut memasuki tahun ke- 5 dimana 104 Inovasi anak negeri akan dicatatkan dalam buku tersebut.

Andapun bisa menjadi salah satu inovator terbaik Indonesia!

Nb : terlampir Informasi Penerimaan/Pendaftaran 104 Inovasi Indonesia download disini.

berikut kutipan dari newsletternya : 

BIC mengemban missi Ristek untuk membina, mempromosikan, dan mendorong pendayagunaan  karya-karya inovasi anak bangsa melalui upaya sinergi A-B-G: Academics, Business & Government;  sehingga pada gilirannya, akan berperan strategis dalam upaya peningkatan daya saing nasional di percaturan ekonomi global. 

“104 Inovasi Indonesia – 2012” adalah kelanjutan dari penerbitan serial tahunan 100, 101, 102 dan 103 Inovasi Indonesia, yang saat ini telah mempublikasikan 406 karya inovasi Indonesia yang dinilai paling prospektif selama tiga tahun berselang, dan menghimpun lebih dari 2,000 proposal karya Inovasi dari seluruh penjuru Indonesia sejak tahun 2008. Sebagai hasil nyata dari publikasi ini, berbagai karya inovasi Indonesia saat ini telah dan sedang melanjutkan prosesnya menuju komersialisasi. 

Dalam hubungan ini, BIC juga mengajak para pimpinan dari lembaga maupun badan litbang di Pusat maupun di daerah, para pimpinan litbang / LPPM Universitas, dan pimpinan litbang perusahaan swasta; untuk ikut secara pro-aktif mendorong dan mengajak para inovator/ penelitinya berpartisipasi pada program 104 Inovasi Indonesia – 2012. Melalui program ini, kita ikut membangun daya saing dan kemandirian Indonesia melalui karya-karya inovasi yang sukses. Seandainya Anda memerlukan penjelasan lebih lanjut mengenai pemilihan “104 Inovasi Indonesia –2012” dan / atau berminat untuk memberikan briefing khusus di organisasi Anda, silakan menghubungi  BIC melalui surat, e-mail atau telepon.

RELATED POST : http://www.bic.web.id/in/seri-inovasi/undangan-seri-inovasi-indonesia.html

Author :Aria Wiyana (Ariasky) Kementerian Riset dan Teknologi
DPM TPB IPB 43 "Dewan Pemersatu" , Intermediarie Technology Trainee · Berlin,Germany, CV. Leaf Agri Mandiri Dresden University of Technology Faculty of Economics · Short Course Chair Entrepreneur and Innovation 

untuk update artikel GRATIS, masukkan email anda dan anda akan mendapatkan artikel terbaru melalui email anda:

Fri, 17 Feb 2012 @15:01


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 0+1+2

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno