6 - Tips dan Tricks agar bisa menulis Cepat (dan Professional)

image

 

Ketika kita sedang sibuk-sibuknya, kehabisan waktu, dikejar deadline dan banyak hal yang harus di kerjakan, padahal kebutuhan untuk menulis blog masih tetap ingin dikerjakan, dan tulisannya juga harus bagus? Maka yang perlu Anda lakukan adalah segeralah menulis, tanpa harus berpikir panjang, maka artikel professional masih bisa Anda ciptakan bila Anda mengikuti tips berikut ini :  

(Image Source: Fotolia)

Menulis itu sebenarnya tidak perlu berpikir keras, menulis itu sebenarnya adalah menjalankan logika berpikir diatas kertas, atau di depan computer. Kemudian mencurahkan segala pemikiran yang kita miliki menjadi rangkaian kata-kata yang menarik dan professional. Sudah, begitulah menulis. Berikut beberapa tips yang saya peroleh dari seorang  penulis freelance yang mengajarkan kita bagaimana menulis singkat, cepat dan professional : 

6. Tulisan Gaya Bebas

Jujur saja, ini adalah tips paling konyol yang pernah ada, seperti orang yang sedang curhat, bebas. Seperti orang yang menulis di dalam buku harian, mengalir begitu saja, natural dan tidak dibuat-buat. Seorang penulis gaya bebas tidak peduli kemana arah tulisannya, dia hanya berfokus pada apa yang ingin diungkapkan dan membiarkan jari jemarinya berlarian sesukanya. 

(Image Source: Fotolia)

Jika seseorang ditarget dan dituntut, justru malah menyebabkan kebuntuan berfikir dan akhirnya apa yang ingin ditulisnya tidak muncul. Maka penulis gaya bebas adalah penulis naturalis yang menuangkan idenya begitu saja. Tidak peduli bagaimana susunan kata, estetis, dan akan menjadi apa tulisannya, dia tidak peduli. Dia hanya menulis

5. Mengatur Set Waktu

Jika kita ingin menjadi seorang penulis professional dan cepat, mulailah untuk menarget dengan waktu, bisa sepuluh menit, dua puluh menit, atau setengah jam, untuk mencptakan artikel yang berkualitas. Kemudian konsentrasi dengan waktu, sehingga semakin sering maka waktu yang diperlukan untuk menciptakan tulisan semakin pendek. 

(Image Source: Fotolia), 

Ketika kita melatih gaya kepebulisan kita dengan waktu, maka otak kita akan berpacu dengan sendirinya, dia akan berpikir melompat-lompat dan mencurahkan semua gagasannya kedalam keyboard. Untuk awalan yang terpenting adalah menulis dengan target waktu, mengenai kwalitas dapat di tingkatkan dengan seringnya menulis, dan banyaknya frekuensi yang dilakukan. 

JIka satu pekerjaan tulisan selesai, biarkan saja. Dan otak kita akan berpikir kembali dan menemukan ide-ide baru yang lebih briliant, dan lebih professional seiring berjalannya waktu. 

4. Matikan Spell Checker

Salah satu yang menggangu seorang penulis adalah ketika terjadi salah eja dalam penulisan, hal ini akan menghentikan otak kita bercerita karena kita harus membenarkan isi tulisan yang salah itu. Padahal awalnya ide diotak kita mengalir dengan lancar, kemudian gara-gara salah penulisan itu ide kita berhenti. Jadi saya sarankan matikan cek spelling, karena ini bisa kita chek nanti ketika semua ide sudah tertuang dalam tulisan.

Jadi, begitulah terkadang masalah teknis menggangu kinerja penulis, jadi segera matikan cek spellingnya. Untuk computer dengan Microseft word 2010, Anda bias mematikan melalui Option > Proofing, dan uncheck “Check spelling as you type“. Denga demikian mengetik menjadi lebih nyaman.

3. Matikan Backspace

Seringnya, seorang penulis itu.. setelah membuat beberapa tulisan kemudian merasa kurang bagus yang dilakukan pertama kali adalah menghapusnya dengan backspace. Maka seringnya “backspace” menjadi penghalang utama  kemajuan sebuah tulisan. Entah sudah berapa ratus kali memencet backspace, jangan-jangan backspace menjadi tombol keyboard yang sering ditekan. Makanya matikan tombol backspace sekarang juga. 

(Image Source: Fotolia)

Yang terpenting adalah usahakan agar tidak menekan tombol backspace selama menulis, dengan demikian kita akan mengetahui seberapa besar akurasi dan kesalahan kita dalam satu periode penulisan. Jika hal ini terus dilakukan maka kemampuan kita akan meningkat seiring berjalannya waktu, mengenai cek kesalahan Anda bisa lakukan jika sudah selesai. 

2. Lakukan penelitian sebelum menulis

(Image Source: Fotolia)

Salah satu cara paling cepat sebelum menulis adalah menemukan fakta-fakta dan data pendukung yang lengkap. Jadi melakukan riset terlebih dahulu akan mempercepat proses penulisan. Pastikan bahwa data ini terkumpul dengan baik sehingga kita tidak akan berhenti dalam menulis karena data pendukungnya tidak lengkap. 

1. Tulislah Kisi-kisi (outline)

Ini adalah bagian yang paling mnearik ketika kita membuat tulisan. Tulislah apa yang ada dipikiran, ide utamanya dahulu kemudian lengkapilah. Bila sudah ad aide, bikinlah kisi-kisi terlebih dahulu, baru kemudian bertahap melengkapinya sehingga tulisan menjadi lengkap dengan keterangan dan data pendukung. 

(Image Source: Fotolia)

Bisa juga dilakukan dengan membuat detail outlinennya disertai kata kunci dari topic yang sedang dibahas, atau memberikan kaimat awalan atau pembuka. Yang paling penting adalah ketika kisi-kisi sudah selesai, kembangkan menjadi ide yang lebih luas dan bahaslah secara menyeluruh, satu persatu. Tanpa disadari maka tulisan akan selesai dengan sendirinya. 

Disarikan dari penulis freelance SamarOwais.com , jika anda tertarik silahkan kunjungi webnya di SamarOwais.com

Sat, 11 Feb 2012 @08:59


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+7+8

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno