REBORN LIFE-Lahir Kembali Menjadi Lebih Berkualitas Agar Pantas Naik Kelas

image

Sahabatku yang powerful, apa kabar bahagia Anda hari ini?

Hari ini, 5 Februari 2012 sekitar 1442 tahun yang lalu tepatnya pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awwal tahun 570 M telah lahir sosok teladan lebih dari 1 milyar manusia, Nabi Muhammad SAW di Mekkah, Saudi Arabia. Dalam rangka untuk mengenang kelahiran Beliau, melalui tulisan ini saya ingin mengajak Anda untuk REBORN LIFE, Melahirkan Kembali Kehidupan Anda. Ya, mari kita lahirkan kembali kehidupan kita menjadi lebih berkualitas sehingga pantas untuk naik ke kelas atas.

Kondisi hidup dimana potensi diri belum teraktualisasi sempurna dan kita masih menjadi pribadi yang lemah karakter & rendah kompetensi harus segera kita akhiri dan saatnya untuk melahirkan kembali kehidupan baru dengan aktualisasi potensi yang lebih penuh dan karakter agung serta kompetensi unggul. Inilah yang menjadikan alasan mengapa kita harus melakukan REBORN LIFE.

Bagaimana kita memaknai REBORN LIFE? Guna menciptakan kehidupan yang besar dengan peran yang penting, Anda harus memulainya dari diri Anda sendiri, bukan orang lain atau ajakan & bantuan dari pemerintah. Anda harus memulainya sekarang dengan:

A.  Melahirkan kualitas-kualitas pencemerlang hidup

Kualitas pencemerlang hidup merupakan sekumpulan pola pikir, pola rasa, sikap dan tindakan yang secara kumulatif mampu membangun pribadi cemerlang yang mengundang datangnya kehidupan besar dengan peran yang penting.

Ia bisa dilahirkan melalui 4 tahapan sebagai berikut:

1. Menyadari, mengembangkan dan menggunakan potensi diri

       Manusia sebagai makhluk yang diamanati menjadi khalifatullah (wakil Tuhan untuk mengelola bumi) sudah sepantasnya jika dianugerahi dengan potensi luar biasa berupa pikiran (IQ), perasaan/emosi (EQ), dan qalbu/spiritual (SQ). Sadari ketiga macam anugerah tersebut, kembangkan pikiran agar menjadi positif dan kreatif, emosi agar menjadi powerful dan qolbu agar peka dalam membaca pesan Tuhan dalam setiap kejadian lalu gunakanlah untuk menciptakan kemakmuran di bumi Allah ini.

2.    Mengenali Manfaat diri

Setelah Anda menyadari, mengembangkan dan menggunakan 3 anugerah utama Anda tersebut, tahapan selanjutnya adalah mengenali manfaat apa yang bisa dikontribusikan bagi kebaikan & kemanfaatan sesama. Dengan menyinergikan pikiran, perasaan dan qolbu Anda, temukan manfaat spesifik dari keberadaan Anda.

Manfaat diri itu bisa berwujud bidang keahlian Anda yang berguna untuk memenuhi kebutuhan atau menjadi solusi bagi problem masyarakat. Seorang dokter memiliki manfaat diri untuk menyehatkan, guru untuk mendidik, penulis untuk mencerahkan pikiran, pedagang untuk memenuhi kebutuhan hidup dsb.

3.      Mengenalkan manfaat diri

Tahapan ke-3 dalam membangun kualitas pencemerlang hidup adalah mengenalkan manfaat diri Anda ke banyak orang. Setelah Anda mampu mengenali manfaat diri dengan baik, Anda harus mampu mengenalkan manfaat diri dengan cerdik. Mengapa Anda perlu mengenalkan manfaat diri Anda ke masyarakat luas? Agar Anda bisa digunakan oleh masyarakat yang luas, tidak sebatas orang di lingkungan tempat tinggal Anda.

Di era modern seperti sekarang ini, banyak media yang bisa Anda gunakan untuk mengenalkan manfaat diri Anda. Sekedar contoh: Anda bisa membuat akun di facebook atau twitetr, menulis artikel atau buku, mengadakan talkshow radio, seminar dan aktivitas lain yang mengenalkan keahlian Anda kepada masyarakat.

4.      Menggunakan manfaat diri

Tahapan terakhir adalah digunakannya manfaat Anda bagi kebaikan dan kemanfaatan banyak orang. Gunakanlah sebesar-besarnya dan sebaik-baiknyan manfaat diri Anda bagi pemenuhan kebutuhan atau penyelesaian problem masyarakat. Konsekuensinya, kehidupan yang cemerlang (sukses, bahagia dan berlimpah) akan Anda petik.

B.  Menumbuhkan pribadi yang berkarakter & berkompetensi

Karakter agung hendaklah dijadikan sebagai muara dari proses pembentukan karakter yang berlangsung seumur hidup. Karakter agung merupakan buah dari pola pikir, pola rasa, sikap, dan tindakan yang berulang menjadi sebuah kebiasaan. Mari miliki pola pikir positif, perasaan powerful, sikap kooperatif, tindakan yang konstruktif untuk membangun karakter agung.

Sedangkan kompetensi merupakan buah dari keahlaian yang terus kita asah. Bangun kompetensi unggul dengan menjadi ahli atau pakar pada bidang yang Anda hasrati dengan terus menambah jam terbang dan terus menyempurnakan keahlian Anda tersebut. Lalu landasi, sertai dan jiwai kompetensi unggul Anda dengan karakter agung Anda sehingga mampu melahirkan kehidupan besar dengan peran penting.

Kelahiran kembali kehidupan yang cemerlang hendaknya dilakukan dalam 4 aspek, yaitu tubuh (fisik), mental (pikiran), emosi (rasa) dan qalbu (spiritual). Mari kita kupas ringkas ke-4 aspek tersebut!

1.        Lahirkan kembali tubuh Anda

Setiap detik terjadi regenerasi sel dalam tubuh Anda (sel yang mati diganti dengan sel yang baru) sehingga tanpa kita sadari sebenranya setiap hari tubuh kita telah diperbarui (reborn).

Lahirkan tubuh yang kuat, lentur dan gesit dengan cara memberikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang, melakukan olahraga yang teratur dan memiliki tidur yang berkualitas.

2.        Lahirkan kembali pemikiran Anda

Mari lakukan reborn dengan merubah pikiran-pikiran negatif yang membatasi menjadi pikiran-pikiran positif yang menjadikan semuanya mungkin terjadi jika Tuhan mengizinkannya.

Reborn mental bisa dilakukan dengan:

  • A.Membaskan diri dari belenggu paradigma
  • B.Melihat setiap kejadian/peristiwa secara utuh dan terhubung
  • C.Berani untuk berpikir beda
  • D.Berlatih untuk berpikir alternatif
  • E.Berpikir bahwa tidak ada yang mustahil, jika Tuhan menghendakinya terjadi

3.        Lahirkan kembali emosi Anda

Emosi  yang tidak berdaya (unpowerful) perlu direborn menjadi emosi yang penuh daya (powerful) dengan:

  • A.Memiliki tujuan yang jelas
  • B.Memiliki alasan yang kuat
  • C.Bergaul dengan orang-orang yang powerful

4.        Lahirkan kembali hati Anda (spiritual)

Reborn hati Anda dari hati yang kufur menjadi syukur. Dari hati yang sempit menjadi lapang dengan menaiki 5 tangga aktivitas berikut ini:

  1. Membangun niat ikhlas dalam mengawali setiap aktivitas
  2. Menjalankan setiap upaya/kerja dengan penuh rasa syukur
  3. Menantikan hasil kerja Anda dengan menotalkan tawakal
  4. Sikapi setiap hasil (baik atau buruk) dengan penuh keridhoan
  5. Lakukan harmonisasi sikap & tindakan pada setiap hasil dengan melakukan inovasi

Selamat merayakan MAULID NABI untuk sahabat-sahabat muslim yang powerful. Mari reborn kehidupan kita secara utuh, menyeluruh dan terhubung.

Salam Powerful,  Edi Susanto

Author : EDI SUSANTO, BUSINESS OWNER Bimbingan Belajar Antusias Sugihnom University, Griya Motivasi. - WRITER @(Simbiosa, Juli 2009) -  (Gramedia, Maret 2011)- (Elexmedia, Juni 2011)- (Diva Press, Januari 2012) - (Galang Press, 2012) - (Grasindo, 2012), TRAINER & KONSULTAN : 1. Motivasi, 2. Marketing, 3. Selling, fb : edisusanto.dahsyat

Jangan Lupa Berlangganan Artikel Kami Tanpa Harus Buka Web, Subcribe Email Anda Disini

Anda Punya Pendapat ? share kepada kami di kolom komentar dibawah ini..?

baca juga : 

Sun, 5 Feb 2012 @06:10


2 Komentar
image

Mon, 6 Feb 2012 @09:43

Arjuna

Gagasan-gagsaan Pak Edi selalu buat saya lebih mengenali diri. Dan banyak hal yang bisa dilakukan dengan modal itu. Thnaks...

image

Tue, 7 Feb 2012 @14:56

Edi Susanto

Pak Arjuna & segenap sahabatku yang powerful,
Mari kenali diri lebih dalam dan luas sehingga mampu mewujud menjadi pribadi yang otentik dengan benih keunggulan yang telah Tuhan semai dalam jiwa kita.

Salam Powerful,
Edi Susanto


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+3+7

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno