Tingkatkan Daya Saing Nasional, MITI Rangkul Mahasiswa

image

tidak sengaja pas buka twitter sore ini ternyata ada berita di republika mengenai MITI. iya kan hari ini  acaranya sedang berlangsung di BANDUNG, sayang saya pribadi tidak bisa ikut karena harus di jogja..

berikut kutipan dari republika online tentang MITI Milad ke 8 dari republika : 

BANDUNG - Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi kunci bagi bangsa Indonesia untuk dapat bersaing dengan bangsa lain. Oleh karenanya, Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) berusaha mengarahkan para mahasiswa di negeri ini kepada dua hal tersebut.

"Sehingga, mereka mampu melahirkan berbagai inovasi dan meningkatkan daya saing nasional." ucap Ketua Umum Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI Warsito dalam Peringatan 8 Tahun MITI 2004-2012 di Bandung, Sabtu (4/2).

Warsito menuturkan, hingga menginjak usia sewindu ini, MITI selalu mendorong lahirnya kebijakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang konsudif. Ke depan, program utama organisasi ini lebih diarahkan pada bentuk kerjasama dengan berbagai kelompok studi mahasiswa. Dengan demikia, kualitas akademik berlevel internasional dan penerapan teknologi yang tepat guna di negeri ini bisa diwujudkan.

Di samping itu, MITI juga akan menggelar berbagai kegiatan bernuansa technopreneurship yang dapat menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa. Sehingga, mereka diharapkan bisa mengurangi ketergantungan terhadap sumber daya alam. Cikal bakal program ini diakuinya sudah mulai muncul sejak didirikannya MITI delapan tahun lalu. 

"Mungkin selama ini banyak yang mengira MITI telah mati." tutur Warsito.

REPUBLIKA.CO.ID Redaktur: Ramdhan Muhaimin,  : Ahmad Islamy Jamil

-------------------------------------

Jika Anda tidak tahu apa itu MITI, berikut sedikit ulasan mengenai MITI.

Apakah MITI itu ?

MITI adalah masyarakat Ilmuan dan teknolog Indonesia. berdiri tanggal 18 Januari 204 dihotel Indonesia, dan dalam pendiriannya dihadiri oleh 150 Doktor, dan master dari berbagai Institusi. berupa organisasi Non pemerintah ( NGO-LSM).

beberapa tokoh yang hadir saat itu adalah : mantan presiden Habibie, Menkopolkam Susilo Bambang Yudoyono, Menristek Hatta Rajasa, Ketua MPR Hidayat Nur wahid, Ketua Komisi 8 DPR RI irwan prayitno, dan tokoh nasional lainya. Sayang waktu itu saya tidak bisa hadir. :-)

kemudian setahun berikutnya melahirkan MITI MAHASISWA tanggal 25 sept 2005. sekarang jaringan MITI MAHASISWA mencapai 79 kampus di seluruh Indonesia. lihat official web MITI MAHASISWA

Visi Misi MITI ?

Visi : Ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan Rakyat dan kemandirian bangsa. 

MIsi ; 

  • Menjadipenggerak bangkitnya ilmuan dan teknolog indonesia agar berkarya lebih nyata dan berperanserta secar aktif dalam pembangunan nasiona; dan penyelesaiaan masalah bangsa
  • mendorong upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan iptek nasional
  • memberi sumbangan pemikiran dan berpartisipasi dalam upaya menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara yang berkaitan dengan pengembangan dan pemanfaatan IPTEK
  • Menjadi kekuatan penyeimbang yang berfungsi melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap implementasi kebijakan publik yang menyangkut iptek.

Apa Kegiatan MITI..?

Sejak berdirnya beragam kegiatan MITI dan MITI mahasiswa.  RAgam aktivitas itu mulai dari Aspek Kajian, Seminar, Hingga Bimbingan, Beasiswa maupun HIbah. termasuk bekerjasama dengan lembaga riset, baik pemerintah maupun swasta. Selai itu juga memberikan bantuan kepada masyarakat dengan aplikasi teknologi dan penanggulangan bencana.

selain itu juga menerbitkan buku 300 Ilmuan, berbagai kegiatan Community development, dan Hibah MITI.

Sementara informasi ini dulu yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Sukses UNTUK MITI, dan Jayalah Indonesia.

EN ( mantan Koordinator Wilayah MITI mahasiswa Jateng-DIY, mantan Staff Sekjen MITI mahasiswa )

Ada yang mau menambahkan INFO seputar MITI ? Silahkan dikomen, karena official web MITI belum ada monggo di lengkapi Informasinya? bagi para  MITIers..

baca juga :

Sat, 4 Feb 2012 @18:37


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

visitor counter

 

Copyright © 2018 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno