10 Kesalahan Terbesar Saat Menyusun Sebuah Bisnis Plan

image

Membuat bisnis plan itu, gampang-gampang susah, bagi sebagian orang yang mengawali karir bisnisnya berdasarkan pengalaman, sering kali mereka memulai tanpa Bisnis Plan. Namun di era sekarang ini dimana banyak sekali perlombaan Bisnis Plan dari tingkat regional, Nasional, Bahkan tingkat Internasional menjanjikan modal bisnis yang besar. Namun sekali lagi butuh membuat perencanaan Bisnis Plan.  Berikut adalah 10 Kesalahan Terbesar yang terjadi saat membuat Bisnis Plan. 

  1. Salah memahami Tujuan ; yaitu merencanakan sesuatu, tidak sekedar membuat dokumen. Anda harue merencanakan bisnis Anda karena perencanaan akan menjadi bagian dari manajemen. Perencanaan adalah proses dari menentukan ‘goal’ dan menghadirkan parameter ukuran-ukuran dari keberhasilan sebuiah proses, kemudian mengantarkan proses Anda dan mengevaluasi apa yang Anda rencanakan. Planing merikan langkah awal ; dan kemudian akan direvisi dan di revisi lagi. Biarkan perencanaan Anda dalam bentuk draf sehingga mudah untuk merivisinya. 
  2. Melakukan dengan Sekali Jalan ; kerjakanlah bagian perbagian. Planning itu seperti membangun sebuah rumah, bertahap dan bagian perbagian secara runut. Kerjakan yang menurut Anda menarik, lalu bertahap selesaikan bagian perbagian. Mulailah dari strategi bisnis, konsep, target market, penawaran bisnis, visi, misi, atau apapun terserah Anda.. Mulailah membuat. ..
  3. Merampungkan Rencana Anda. Jika perencanaan Anda selesai, maka urusan Anda selesai. Bisnis plan terakhir yang Anda miliki adalah gambaran dari apa yang akan Anda lakukan berikutnya. Maka kondisinya harus yang up to date dan menunjukkan kondisi terbaik. 
  4. Menyembunyikan Rencana Anda dari Team. Ini adalah sebuah manajemen. Gunakan rasa kebersamaan untuk membangun kesepahaman antar Team, dan tetap menjaga beberapa informasi rahasia, seperti gaji karyawan, dana talangan. Tapi share Goal Anda, cit-cita dan visi besar Anda. Manfaatkan rencana-rencan besar Anda untuk membangun soliditas dan kekompakan team. Jadikan bisnis plan anda adalah sarana sebagai guidline untuk menjalankan bisnis Anda. 
  5. Mengacaukan Cash dengan Profit. Ada perbedaan yang besar antara Cash dan profit, salah satu factor yang berpeengaruh adalah, piutang. Profit yang di tangguhkan, biasanya akan menyebabkan keluar cash untuk operasional tetapi pemasukan ditahan karena belum mendapat pelunasan. Jenis bisnis yang sering mengalamami ini adalah jasa. Karena yang terpenting adalah cash, karena kita tidak bisa membayar dengan profit kan..?
  6. Memperlebar Prioritas Anda. Sebuah bisnis plan yang memiliki 3 atau 4 prioritas adalah bisnis plan dengan Fokus dan Kekuatan. Bisnis plan dengan 20 daftar prioritas bukanlah bisnis plan yang terencana.
  7. Terlalu berlebihan memberi nilai suatu IDE. Yang memberikan IDE suatu nilai, bukanlah ide itu sendiri, tetapi bisnis yang dibangun diatas ide itu. Itu adalah mengenai bagaimana menjalankan keseharian dari ide bisnis itu, menjawab telp, memarketing produk, mengirim barang, mengelola manajemen dls. Maka buatlah bisnis plan dengan memaparkan aktivitas yang berdasar IDE dan kreatifitas, atau lupakan saja. Tetapi memiliki IDE saja, bukanlah berarti kita memiliki bisnis yg bagus.
  8. Membuat Rincian Palsu untuk 12 Bulan Pertama. Dengan detail. Yang saya maksud adalah keuangan. Milestone, Tanggungjawab, dan deadline. Cashflow adalah satu hal yang PALING penting, tapi juga perlu di detailkan dalam membuatnya, menyetting tanggal, rencana strategis, apa yang ingin dicapai, dan apa yang ingin di realisasikan. BIsnis plan tanpa perencanaan keuangan akan sia-sia. 
  9. Menjabarkan detail untuk beberapa tahun kedepan. Ini adalah mengenai perencanaan. Bukan akuntansi. Sama pentingnya mendetailkan pencatatan bulanan diawal, tapi akan menjadi percuma untuk kedepannya. Bagaimana bisa menjelaskan cash flow tiga tahun kedepan kalau penjualan saja tidak jelas jumlahnya.namun tentu saja Anda dapat merencanakannya, 10 atau bahkan 20 tahun berikutnya dengan konsep diatas kertas, tetapi Anda tidak akan bisa menjelaskan detail bisnis selama setahun sampai lima tahun kedepan, karena tentu orang tidak akan mempercayainya. 
  10. Membuat perkiraan menjadi masuk akal. Tidak aka nada orang yang percaya BEP dalam waktu singkat, dan jika Anda membuat bisnis plan dengan keuntungan berlipat dan BEP singkat, orang juga akan tahu kalau bisnis plan Anda tidak realistis.

 

Anda punya pendapat lain..? pernah punya pengalaman menulis bisnis plan? Atau pernah memenangi Lomba bisnis plan.? Sharing kan dengan kami melalui kolom dibawah..? semoga cerita Anda menginspirasi kami

 

Author : EKONOV, adalah owner sekligus penggagas ekonovianto.com, entrepreneur, blogger dan juga cluster manager di wilayah jawa tengah, khususnya produk sabutret, kelapa olahan visit ; ekonovianto.com
baca juga artikel ini :

Wed, 1 Feb 2012 @12:21


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+2+8

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno