5- Aturan Sederhana , Yang Harus Diikuti Para Networker.

image

Networking – sudah ada selama dunia bisnis juga ada, dalam berbagai bentuk dan jenis. Hal itu bisa menjadi senjata yang effektif , ampuh dan menjadi strategi marketing yang murah (ketika dilakukan dengan dengan benar. Jangan lewatkan – Networking memberikan peluang besar bagi bisnis Anda. Untuk membuat Networking sukses, selalu ikuti aturan sederhana berikut ini : 

1. Jadilah Orang yang Jujur, dan Apa adanya. Orang pada dasarnya suka berbisnis dengan orang yang apa adanya, dan tidak ada seorangpun yang suka kepura-puraan. Seorang Networker yang cerdas bisa mengetahui kalau seseorang sedang berpura-pura walaupun bermeter-meter jauhnya, dan pasti secra naluri akan menghindarinya. Tidak peduli seberapa baiknya Anda, dan seberapa bagusnya produk Anda. Selalu jujur pada kepribadian Anda, tunjukkan bisnis Anda ap adanya, dan bangunlah hubungan yang Asli, dengan partner Anda. Secara otomatis itu akan memberikan kesan positif, dan akan mendorong orang lain nyaman dan suka berbisnis dengan Anda, bahkan competitor Anda sekalipun.

2. Dengarkan lebih, daripada banyak bicara. Pernahkah Anda ketemu dengan orang yang baru? Dalam sebuah seminar?, dalam sebuah gathering bisnis?, atau dalam acara pesta..? – dan mereka tidak henti-hentinya bercerita tentang diri mereka? Dan itu membuat Anda ingin mengalihkan pembicaraan..? ketika Anda menjalin kerjasama Networking- misi Anda adalah bukan untuk mendengarkan seberapa hebat Anda dan bisnis Anda. Sebisa mungkin hal yang Anda lakukan adalah mencari tahu sebanyak mungkin dengan siapa Anda berbicara, menemukan cara agar memiliki kesamaan sehingga ada hubungan timbal balik dalam membangun kerjasama, hubungan yang baik akan menyebabkan kepercayaan, dan kepercayaan akan mengarahkan  pada bisnis.

3. Bawalah hanya 5 buah kartu nama- untuk Acara Apapun. Anda mungkin tidak setuju dengan saya kali ini. Namun jika Anda pernah mengikti seminar, dan anda pergi dengan setumpuk kartunama, maka Anda akan mengetahui maksud apa yang saya sampaikan disini. Coba Anda pikirkan, berapa banyak orang yang akan Anda kenali dari bertukar kartunama ini, berpa orang yang akan Anda Ingat? Berapa banyak yang bakalan Anda followup? Berapa banyak yang berhubungan dengan bisnis Anda? Bagi kebanyakan orang, jumlahnya pasti sedikit. INGAT- Networking adalah tentang membangun relasi dan kerjasama. Berikan kartunama pada orang yang benar-benar ingin berkenalan dengan Anda, dan rencanakan untuk mengontak mereka kembali. Hal ini selalu lebih penting ketimbang membagi-bagikan kartunama tapi tidak mngenal mereka sama sekali.

4. Jangan jadi orang yang seperti itu. Anda tahulah seperti apa. Dia selalu berkeliling dan menyapa semua orang di ruangan, menyela tentu saja, dan menyodorkan kartunama ke tangan. Dia mengganggu pembicaraan Anda hanya untuk bercerita siap dia sebenarnya dan mengapa kita perlu mengenalnya. Dan kemudian, bahkan belum sempat Anda merespon, dia sudah mencari orang baru lagi untuk diajak ngobrol.. pernah melihat orang seperti ini kan? Jangan Jadi Orang Seperti Itu.

5. Dapatkan – Nama pertama yang Anda temui Adalah “The Organiser” – Hmm.. saat didalam forum, orang yang paling penting adalah orang yang telah mengumpulkan Anda semua dalam forum itu. Dialah orangnya, temui, ajak ngobrol dan bangunlah kerjasama dengannya. Seorang pemimpin yang baik akan mengantarkan Anda pada arah yang benar, mengenalkan Anda pada orang yang menurutnya bisa berbisnis dengan Anda, orang yang tahu produk Anda, dan tau siapa yang Anda butuhkan. Maka dia bisa menjadi referensi yang bagus. 

Secara sederhana Intinya adalah : Networking adalah tools yang bagus, dan dapat membuat dampak yang besar bagi bisnis Anda.  Semuanya kembali kepada Anda..

 

Apakah Anda memiliki Aturan lain? Tips yang lainyya? Atau pengalaman yang terbukti effektif bagi Anda? Punya Kisah Sukses?  Share cerita Anda dibawah ini..

 

Mon, 30 Jan 2012 @21:28


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+3+2

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno