Networking Guide for Intermediary Technology

image

Halo rekan-rekan semua, Sekarang ini adalah masa dimana sedang gencar-gencarnya Inovasi di isukan, dimana kemajuan bangsa sekarang berbanding dengan percepatan inovasi, baik secara Nasional (SINAS = SIstem Inovasi Nasional ) juga di daerah yang kita semua sudah kenal namamya SIDA.

Siapapun Anda, Pemerintah, Industri, Insan Akdemisi, peneliti atau khususnya para Intermediator, jelas membutuhkan yang namanya “Networking” atau Jaringan. Seorang pebisnis  memerlukan jaringan yang kuat  untuk menemukan marketnya, Peneliti membutuhkan jaringan agar bisa memperoleh patner untuk membuat start up bisnisnya, dan pemerintah juga butuh partner untuk mensukseskan program-programnya dalam menyentuh masyarakat. Terlebih lagi para BDS, aka. Intermediator aka. Fasilitator Untuk menyatukan semua pihak untuk mensukseskan SINAS, ataupun SIDA. Oleh karenanya Networking menjadi mutlak diperlukan, dipahami, dan di implementasikan semua pihak.

Namun, seberapa banyak para pelaku ini paham bagaimana networking itu bisa berjalan efektif dan efisien untuk mencapai kesuksesan dalam semua bidang?

Networking?

Networking adalah istilah special, dan jujur saja, saya pribadi juga sedang belajar membangun networking, melalui semua interaksi baik Online, maupun Offline. Online seperti sekarang yg sedang rame, blogging, social media seperti facebook, link in, twitter, reddit, dll.

Networking sangat erat kaitannya dengan”bisnis”, setiap orang yang membangun networking juga akan mengembangkan dan kebanyakan berorientasi dengan jaringan, menemukan relasi yang baru, orang yang baru pertama kali di kenal, dan menjaga hubungan dengan relasi yang sudah ada.

Tantangan “Networking Melalui Dunia Internet” dan Jaringan Online..?

Seperti Anda lihat, Website , blog , dan koneksi dengan internet sudah menjadi kebutuhan di era digital ini, hamper semua fasilitas bisa diakses dan dilakukan via Online, begitu juga pada akhirnya bagaimana para pelaku inovasi, pengusaha, dan intermediator juga harus teintregrasi dengan Internet dan Online.

Dan komunikasi via Online pada akhirnya tertuang melalui tulisan.

Secara Esensi, komunikasi ini  pada akhirnya melalui tulisan, Yup hanya “tulisan” . Ini berbeda dengan Omongan, dalam komunikasi omongan ada intonasi, suara, dan kecepatan bicara, tetapi didalam menulis lewat media online, hal itu tidak akan berlaku lagi. Oleh karenanya hal ini menyebabkan banyak sekali salah interpretasi dan kesalahpahaman.  Dan inilah masalahnya ketika kita membangun hubungan jangka panjang itu seperti kita membangun hubungan untuk pernikahan, merupakan hubungan jangka panjang, dan begitulah networking…

Maksud saya adalah membangun networking adalah membangun sinergisitas, membangun kebersamaan dan salaing bantu membantu.. sederhananya bagaiman kita mencari seorang sahabat, jadi mengubah beberapa orang yang baru kita kenal menjadi seorang sahabat,. Dan pada akhirnya kita harus peduli dengan sahabat karena dengan itu mereka juga akan peduli dengan kita.

Jadi.. , tantangan untuk membuat networking via online adalah bagaimana kita menarik orang menjadi sahabat kita, dan begitu juga sebaliknya.. inilah yang akan coba saya jelaskan disini.

What Is Networking ??


Networking itu bukan saja tentang bagaimana kita memperoleh banyak sekali kartunama selama mengikuti sebuah acara. Dan bukan juga bagaimana kita mengirim email spam ke semua orang dan berharap satu atau dua akan mendapat respon.. Jadi, apa sebenarnya networking itu??

Untuk saya pribadi, “Networking” adalah “the art of meeting new people” . Baik di dunia nyata atau di dunia maya, via web atau social media.. dan bisa saja dengan berbagai alasan sehingga ingin bertemu dengan orang-orang tipikal tertentu, untuk menunjang kinerja dan bisnis kita semua.

Nah ketika kita membangun Networking via Maya, ini sangat jauh berbeda, Karena kalo di dunia maya kita harus menyapa dengan email formal seperti “Kepada Yth bapak pimpinan, saya bla..bla..bla..” tetapi di dunia nyata kita bisa menyapa “ Halo pak, gimana kabar.. dst”

Keuntungan memiliki banyak Network.



Teringat sebuah statement rekan saya ketika pelatihan di Jerman kemarin, “dengan banyak Network, kita tahu siapa yang tahu hal tersebut” begitulah filosofi networking, bertemu orang-orang baru dan terhubung dengan berbagai linkminded yang berbeda, sehingga kita akan tahu siapa yang bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi orang lain.

Jadi sebenarnya pertanyaan utamanya adalah Apa poin pentingnya ketemu dengan orang baru??

Untuk Yang pertama, adalah sangat sedikit orang yang bisa sukses dengan mengandalkan diri mereka sendiri. Kebanyakan orang Sukses itu karena sering berkumpul dan bersahabat dengan orang yang sudah sukses lainnya, jadi bisa tertular kesuksesan ( apapun definisi sukses menurut Anda )

Berteman, dan membangun relasi dengan orang sukses, kedengarannya memang konyol. Tetapi esensinya adalah kita belajar, kita membaca dari pengalaman orang lain, dan memberikan juga sharing pengalaman kita kepada yang lain, sehingga ada hubungan timbal balik.

Walaupun demikian, tidak akan ada orang yang memperhatikan apa yang kita miliki, jika kita juga tidak memberkan perhatian kepada rekan dan memberikan kepercayaan kepada yang lainnya.

Seperti yang Anda lihat, orang yang memiliki banyak sekali partner dan rekanan, maka peluang sesorang jauh lebih besar ketimbang berjalan sendiri. Apalagi jika Anda seorang wirausaha, akan sangat menyedihkan seandainya orang tidak mengenal Anda apalagi usaha Anda, yang anda temui hany orang yg sama setiap hari, maka Anda akan masuk ke “linkaran kematian” secara perlahan.

Jika diteruskan linkaran kematian itu akan menjadi keseharian Anda dan aktivitas Anda juga akan menuntun Anda pada kegagalan, jadi,, putuskan sekarang untuk membangun Networking, mengenal orang lain dan saling berbagi pengalaman, bukankah ini jauh lebih baik???

Yup, kenalan baru adalah “Network”, dengan membangun Networking Anda akan keluar dari kejenuhan, dan jangan sampai Anda menjadi orang yang “ No One Knows you”. Kemudian cepat atau lambat aktivitas dan keberuntungan akan mendatangi Anda, jika Anda mulai bertemu orang baru..

Menambah Kepopuleran dengan Networking..


Sebenarnya, ketika Anda tahu dan kenal dengan orang yang benar-benar popular.. untuk membuat daya ungkit bagi diri Anda sendiri maka ini adalah keuntungan yang sangat besar..

(saya bersama dengan rekan intertek yang lain sedang training di jerman )

Anda tidak percaya. sebagai contoh, di jogja ada sebuah warung batik yang kebetulan suatu ketika ada acara kunjungan dari ibu Negara, dan kemudian dia memotret kunjungan itu kemudian memajang fotonya dengan ibu Negara tersebut, Alhasil semenjak saat itu setiap hari banyak orang yang dating membeli hanya sekedar ikut bangga karena took batik itu pernah dikunjungi ibu Negara. Nah.. lihat kan..?


(foto kami sebelum berangkat ke jerman bersama menteri ristek kala itu, bpk Suharna. )

Secara  tidak sadar, ini akan membangun posisioning seseorang,  akan meberikan efek populis pada seseorang juga. Nah kenapa Anda tidak coba lakukan.. Apalagi Jika Anda dekat dengan penguasa… Ha..

Akan tetapi, tetap saja Network akan berguna jika kita juga punya kompetensi dan kapasitas. Jika kita punya banyak network dan tidak memiliki potensi maka akan sia-sia network yang suidah dibangun itu.

Para pembaca yang budiman ( Andri wongso mode ON ) beruntung Anda membaca artikel ini, karena saya menawarkan “Network” real untuk anda terhubung di pemerintahan, dunia bisnis, dan akademisi. Scara pribadi saya menawarkan memberikan link dan akses ke semua rekan saya yang baru saja plang dari jerman sebanyak 30 orang, dan sekarang tersebar kesemua propinsi di Indosesia, yang masing-masng mereka terhubung ke klaster unggulan, dan bisnis local di semua daerah, serta dengan pemerintahan dan dunia akdemisi.

Salah satu slogan pribadi weblog ini adalah, “your partner for networking” artinya, secara pribadi saya dan team ingin membangun network sebanyak-banyaknya, untuk memajukan inovasi dan bisnis.

Silahkan kontak saya di blog, facebook, atau twitter, atau kontak personal melalui telp.


Pesan pribadi; untuk semua rekan fasilitatator, teruslah berkarya. Ilmu yang kita peroleh sudah lebih dari cukup sebagai modal untuk berkarya, pengalaman di jerman adalah pengalaman emas yang bisa kita ‘jual’ untuk memajukan dan melanjutkan visi kita for semua.

ditunggu KOMENNYA rekan-rekan semua (intertek@ristekgau)

by :ekonovianto.com

Tue, 24 Jan 2012 @12:04


2 Komentar
image

Sun, 29 Jan 2012 @19:28

rahasiaumroh

manteb bro,,, ikut koment ya,,,

image

Tue, 14 Aug 2012 @11:24

Danvillage

tq for your infornation....


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

visitor counter

 

Copyright © 2018 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno