Mengenal dan mengetahui apa itu (SOPA) Stop Online Piracy Act

image

Sejak Oktober 2011, dunia Internet di gemparkan dengan munculnya isu SOPA (Online Piracy Act), aturan tentang larangan pembajakan isi suatu website atau informasi digital. Jutaan Pengguna Internet dan Pengusaha Internet ( Netpreneur) memprotes dan menentang hukum baru yang sedang diajukan itu. Sementara di lain pihak ada semacam tekanan politik yang sangat kuat mempengaruhi orang-orang yang memprotes ini. Kondisi sekarang dari SOPA itu juga semakin dekat dengan penetapannya.

stop online piracy act SOPA: Scaring or Securing the Internet Users?


Meskipun demikian, bagi para pembaca saya rasa perlu untuk mengetahui sedikit sejarah apa itu SOPA, ini ada beberapa tulisan yang barangkali perlu diketahu sebelum memutuskan apakah SOPA ini "securing" mengamankan para pengguna internet atau malah "scaring" menakuti mereka..

Mengenali SOPA


SOPA adalah kebijakan yang digunakan untuk Mencegah Aksi Pembajakan Secara Online yang di lyangkan pada US House of Representatives di Amerika. SOPA di presentasikan oleh Representative Lamar Smith dengan Asosiasi dan 12 co-sponsor Groups.


SOPA awal mulanya diusulkan tahin 2008 untuk memproteksi dan mencegah ancaman dari dunia online dalam hal kekayaan baik secara ekonomi maupun kekayaan Intelektual.

Jika melihat dari statement resminya, tujuan dari SOPA adalah " untuk mempromosikan kesejahteraan, kreatifitas, kewirausahaan dan dengan memerangi pencurian properti AS, dan untuk tujuan lain." Dalam bahasa sederhananya , SOPA memberdayakan yurisdiksi AS serta pemilik hak cipta dari sebuah situs web tertentu untuk mengambil tindakan hukum terhadap setiap website lain yang mereka temukan bersalah 'yang memungkinkan atau memfasilitasi pelanggaran hak cipta' dengan cara apapun.


Cara Kerjanya


Seperti disebutkan sebelumnya, RUU SOPA telah diusulkan untuk mencegah setiap tindakan pembajakan yang merugikan kekayaan intelektual dari sebuah website berbasis AS atau bisnis online. RUU SOPA, jika disahkan, akan memberdayakan kewenangan pengadilan AS mengizinkan Jaksa Agung untuk mencari perintah pengadilan terhadap situs terdakwa dari setiap bagian dari dunia.


cara sopa bekerja, SOPA: menakut-nakuti atau Mengamankan Pengguna Internet?


Dalam kasus pengadilan menemukan website dituduh bersalah dari Pembajakan online, maka akan harus menghadapi konsekuensi berikut:

  • Penghapusan dari situs tersebut dari semua mesin pencari utama seperti Yahoo, Google dan Bing dll
  • Kecuali fasilitator pembayaran online seperti dari PayPal dll berbisnis dengan website tersebut
  • Penyedia layanan Internet akan menyangkal pelanggan mereka dari mengakses situs terdakwa.
  • Situs web yang melanggar tidak akan diizinkan untuk melakukan bisnis lebih lanjut dengan jaringan iklan internet seperti Google AdSense dan BuySellAds dll


Dengan kata lain situs terdakwa akan dihukum "mati secara online" untuk situs melanggar merampas kedua lalu lintas dan pendapatan.
Sopa - Mengamankan Pengguna Internet

Setelah membaca konsekuensi tersebut, orang mungkin berpikir bahwa apa yang akan menjadi argumen yang mendukung dan mendorong SOPA pendukungnya untuk menyajikan RUU ini dengan hukuman yang keras seperti di depan pemerintah AS.
Berikut adalah beberapa mendukung pernyataan dari pendukung Sopa.

Menurut Bob co-sponsor perwakilan Goodlatte:


"Kekayaan intelektual adalah salah satu pencipta utama Amerika kerja dan keunggulan kompetitif di pasar global, namun penemu Amerika, penulis, dan pengusaha telah dipaksa untuk berdiri dan menonton sebagai karya mereka dicuri oleh pelanggar asing di luar jangkauan hukum AS saat ini. Undang-undang ini akan memperbarui undang-undang untuk memastikan bahwa insentif ekonomi Framers kami diabadikan dalam Konstitusi lebih dari 220 tahun yang lalu - untuk mendorong tulisan-tulisan baru, penelitian, produk dan jasa - tetap efektif dalam pasar global abad ke-21, yang akan menciptakan lebih banyak pekerjaan Amerika. "
(Ref. Wikipedia)


Perwakilan sponsor, John Conyers mengatakan:


"Jutaan pekerjaan Amerika menggantung di keseimbangan, dan upaya kita untuk melindungi kekayaan intelektual Amerika sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang perekonomian kita." [14] Smith menambahkan, "Undang-Undang Pembajakan Berhenti online membantu menghentikan aliran pendapatan ke situs-situs nakal dan memastikan bahwa keuntungan dari inovasi Amerika pergi ke inovator Amerika. "
(Ref. Wikipedia)


Lain argumen advokasi Sopa dan memanggil situs melanggar pada tegangan "Situs Rouge" pada kegunaannya dengan menggarisbawahi bahwa tindakan ini akan memberdayakan dan mengamankan industri film, industri yang menciptakan 2 juta pekerjaan dan ribuan usaha mikro di seluruh AS .


Sopa - menakut-nakuti Pengguna Internet


Dengan membaca situasi sampai sekarang, SOPA terdengar lebih sepertinya cukup memiliki bertanggung jawab yang ada untuk mempertahankan dan mengamankan kekayaan intelektual asli dan kerja keras semata-mata pengguna internet di AS.

Begitu RUU itu dipresentasikan, info SOPA keluar dan tersebar di seluruh world wide web seperti api. Jutaan pengguna Internet dan penyedia layanan online yang terkena imbasnya. Segera muncul blog yang berbeda pendapat, forum diskusi dan situs jaringan sosial dibanjiri komunitas dengan konten anti-sopa memprotes dan menyoroti bencana yang mungkin mempengaruhi tindakan ini di Internet dan penggunanya.
Mari kita melihat beberapa hal ini:

Electronic Frontier Foundation


FPD menolak Sopa mengatakan bahwa Sopa tidak hanya akan menghambat proses kebebasan berbicara, tetapi juga memperingatkan bahwa Etsy, Flickr dan Vimeo semua tampaknya cenderung untuk menutup websitenya  jika RUU itu menjadi hukum.

Mozilla


Mozilla protes dengan membuat sebuah halaman "Lindungi Internet:. Bantu kami menghentikan Legislasi Blacklist internet"

Yahoo


Salah satu protes yang paling intens dilakukan oleh Yahoo yang telah dilaporkan keluar dari Kamar Dagang AS atas dukungan tertarik untuk Sopa.
Surat ke Senat
Raksasa internet seperti Google, Mozilla, Yahoo, Facebook, Twitter, Zynga, eBay, AOL dan LinkedIn telah menulis surat protes kepada AS Senat dan DPR, menyebut 'sopa risiko serius bagi track record terus inovasi industri kita dan penciptaan lapangan kerja, serta keamanan cyber-bangsa kita. "

oposisi Lain

Antagonis dari Sopa menganggapnya sebagai pelanggaran terhadap Amandemen Pertama dan menyebutnya "The Great Firewall of Amerika" berpose ancaman serius bagi kebebasan berbicara.
Kemungkinan Pengaruh Sopa pada Pengguna Internet
Ada hampir tidak ada RUU disampaikan kepada badan pemerintah manapun di dunia yang belum ditentang atau ditolak oleh beberapa. Namun, dalam kasus Sopa, RUU tersebut telah terbuka hati dan diprotes oleh orang dari seluruh dunia. Oposisi ini terutama karena efek kemungkinan Sopa yang di ramalkan akan terjadi.

Berikut adalah beberapa ancaman potensial dari Sopa yang telah disorot:

Ice Age Internet
Menurut mekanisme sopa, ia memiliki wewenang untuk blacklist situs web tersebut yang akan terlibat dalam pembajakan online dan pelanggaran. Penentang Sopa berpandangan bahwa hukuman dari RUU itu sehingga diputus untuk tindak pidana yang sebenarnya itu akan menghancurkanindustri  web hosting dan e-commerce dan menyebabkan potensi Internet dalam hal investasi akan terhenti serta penelitian dan pengembangan .

Kekurangan Job Internet
Sopa akan menjadi penyebab pembunuhan proyek-proyek besar  dan  akan menyebabkan pemblokiran jutaan domain dan  akhirnya merampas orang dari pekerjaan mereka. Efek drastis dari Sopa pada bisnis internet akan mengakibatkan menjadi tuntutan hukum yang lebih, penurunan investasi dan pekerjaan baru akhirnya sedikit.

Tidak Ada kebebasan Berbicara.

Masalah dasar dengan sopa RUU adalah bahwa hal itu tidak dapat membedakan antara penggunaan komersial dan non-komersial konten berhak cipta. Siapapun akan meng-upload konten berhak cipta di situs-situs seperti YouTube untuk tujuan hanya untuk berbagi dan hal itu akan menimbulkan bertanggung jawab yang besar dan harus menghadapi konsekuensi.

Selain itu, juga semua tahu bahwa serangkaian revolusi-revolusi demokratis yang terjadi di negara-negara Arab, yang dikenal sebagai Musim Semi Arab, sebagian keberhasilan mereka menggunakan konten Internet agar menyebar info keseluruh dunia. Namun, menurut hukum Sopa, server proxy yang digunakan selama musim gugur musim semi Arab ke dalam kategori pelanggaran hak cipta sehingga tindak pidana dan akhirnya menghambat proses kebebasan berbicara.

Saya ingin menyimpulkan tulisan ini dengan mengutip pepatah bahwa "keberuntungan seseorang adalah kemalangan lain" . Namun, dalam kasus Sopa, tagihan akan menjadi penyebab kemalangan bagi jutaan pengguna internet dan pemilik bisnis online di seluruh dunia.

Thu, 19 Jan 2012 @14:52


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 7+3+0

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno