Belajar kepada Development Agency yang bernama Wif. untuk daerah Rural County of Goppingen

image

8. November 2011. Salah satu lembaga semacam BDS yang ada di jerman yang pernah saya temeui bersama dengan 5 orang temana saya di stutgartt Jerman adalah Wif.
WiF – Wirtschaftsförderungsgesellschaft für den Landkreis Göppingen mbH 

Yang kurang lebih adalah semacam Business development Agency kalau di Indonesia.

Saat itu kami bertemu dengan Mr Reiner, dan  Topik bahasan yg disamapaikan oleh Mr Reiner adalah :
County of Göppingen, meliputi perkenalan seputar dan overview kota Goppingen. Kemudian beliau menjelaskan tentang lembaga  WiF GmbH (semacam PT ) , lembaga transfer teknologi di rural development, Development of the county, Marketing, Portofolio growth, dan Company Projects in Energy Efficiency

County of Göppingen,  Goppingen, adalah kabupaten dari Negara bagian Badenwuttemberg  (BW) yang memiliki shareholder terbesar kedua di BW, dan sebagian besar berasal dari manufactur industry. Terdapat banyak sekali SMEs, dan berdekatan dengan Universitas riset, Steinbeis Network, dan beberapa Mechatronisc industry ( mekanika dan elektronik).

Struktur Ekonomi

Luas Area gopingen hanya 642,3 km persegi. Dengann jumlah penduduk 254.800 penduduk, dan terbagi menjadi 38 municipalities  (semacam desa). Jumlah pengangguran masih 5,6 %.  Dan GDPnya  58.700 EUR/karyawan.

Secara struktur WIF memiliki komite innovasi yag terdiri dari orang pemerintah daerah, perwakilan cities (struktur di bawah Goppingen) dan pemegang saham investasi dan Bank daerah (semacam BPD) . Serta beberapa supporting board, selain itu juga punya konsultan board dalam hal ini  adalah dari Steinbeis.


Tugas utama dan Tujuan dibentuknya WIF adalah :

1.      Aktif sebagai konsultan personal.

2.      Publik Relation dan Komunikasi

3.      Konseling untuk daerah dan struktur dibawah Goppingen (municipally)

4.      Mengerjakan kerjasama Proyek dengan Perusahaan Internasional

5.      Networking.

Sedangkan untuk tugas klonselling untuk municipally nya adalah :

  • Konselling dan coaching untuk municipally promoter.
  • Menginternalisasi industry di daerah di bawahnya.
  • Workshop.
  • Promotion program untuk daerah, membuat skema pendanaan
  • Menginisiasi proyek masa depan
  • Memberi Expert opinion
  • Pengembangan County.

Sejarah singkat WIF  ; tahun 1995 didirikan oleh pemerintah daerah  Goppingen, kemudian menjalin kerjasama dengan Steinbeis. Sebagai directornya adalah Mr. Reiner. WIF memeperoleh dana tetap sebesar 230.00 Euro, 70% dari simpanan di bank, dan 10% dari County, 20% dari Kota bagian dan Municiple. Dan memperoleh pemasukan sendiri sebesar 170.00 Euro  dari project dan kegiatan.

Lalu gambaran kinerjanya Sebagai Economic Promotion adalah : Aktif membuat portofolio daerah, melakukan fungsi transfer teknologi dan konsultasi, kemudian menjaga Jaringan dan kerjasama.

County Development proses.

Light House project, public relation and comuncation, innovation cluster manajement, industrial real estate untuk menggalang investasi. Juga di bidang pendidikan dan kualifikasi, pengembangan tourism.

WIF bertugas menjaga hubungan Publik dan Berkomunikasi dengan semua pihak, untuk meningkatkan Image  dan publikasi pemerintah daerah terkait perekonomian dan perkembangan kota bagian. Mereka banyak melakukan publisitas dan marketing, termasuk melalui website mereka dan memberitakan seluruh cabang perekonomian misalnya mechanical engineering, tourism, dan bidang kesehatan. Selain itu juga membantu industry swasta atau perusahaan, dan termasuk produk yg mereka tawarkan.

Tujuannya adalah ; “Friendly County” atau kota yang bersahabat dengan bisnis, industry dan innovasi teknologi.

Kalau kita berkaca dengan yang ada di Indonesia, sebenarnya kita juga memeiliki lembaga yang sama dengan Wif, akan tetapi pada tahapan inovasi kerjanya belum banyak melibatkan Akademisi dan pelaku Bisnis, oleh sebab itu konsep triple helix harus terus dipromosikan kepada pemerintah, swasta dan phak akademisi juga.

Jika anda tertarik lebih jauh untuk mengetahuinya silahkan kontak saya d info kontak yang saya sediakan.


“The only way for governmental agencies to foster a company‘s  development is not to hinder it” (Henry David Thoreau, (1817 - 1862), US-amerikanischer Philosoph, Naturalist, Schriftsteller und Mystiker)

 

 (We cannot do everything but we have to do what we can) 

William "Bill" Clinton (*1946), amerik. Politiker, 42. Präsident  der USA 

 

Sun, 8 Jan 2012 @11:32


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

visitor counter

 

Copyright © 2018 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno