Sepenggal Catatan dari seorang yang kebetulan menjadi Ayah, yang ingin BERHIJRAH Menjadi AYAH BETULAN.

image

Hari ini (21mei17) , sebagaimana sebagaian besar Ayah-ayah lain didalam ruangan workshop ini, saya adalah peserta yg "tersandra" istri pada awalnya, karena "dipaksa" mendampingi istri mengikuti pelatihan parenting tentang pengasuhan anak, yang diselenggarakan oleh Sekolah Alam Ar Ridho dimana anak pertama saya (Azzahra / Rara) akan masuk TK bulan depan.

Anda dan ayah2 lain pasti berpikiran sama bahwa tugas pengasuhan anak adalah domain dari seorang ibu, bukan seorang ayah. Merawat seorang anak, mendidik, mengajarkannya ngaji, mengajarkan baca tulis, membangunkan anak ketika pagi, menyiapkan kebutuhan anak, Anda pikir adalah domain seorang ibu.. 

Namun ternyata saya salah..

Sebagai Ahlulworkshop, yg sudah sejak masa kuliah selalu hobi ikut pelatihan kesana kemari dari berbagai tema, dan jenis pelatihan. Jujur ini kali pertama saya ikut workshop tentang “parenting” atau tentang PENGASUHAN ANAK. Semula saya berpikir bahwa pengasuhan anak adalah skil alami yang dimiliki seseorang yang sudah menikah, toh TANPA BELAJAR juga kita akan memiliki keahlian alamiah, mengapa? Karena kita juga mengalami pengasuhan itu dari kecil.. maka sudah sewajarnya saya berpikir, ah.. NGURUS ANAK ITU GAMPANG, paling juga begitu-begitu saja… bukankah kita juga masih ingat ketika kecil cara orang tua mengurus kira.

Inilah saya awalnya.. SOTOI-nya minta ampun..

Namun tahukah Anda, ternyata… I Was WRONGG.. 
Jika anda berpikiran sama seperti saya, berpikiran SOK TAU, coba jelaskan… ? Tahukah Anda bahwa tahapan pertumbuhan anak itu seperti apa? Bagaimana kematangan dan pertumbuhan fisiknya ? Bagaimana kematangan psikologinya? Emosionalnya ? Bagiamana tahapan perilakunya ? Bagaimana Manajemen keluarga, Aturan dalam rumah tangga, bagiamana jika anak berebut mainan, bagaimana jika anak saling pukul, berantem… bagiamana mengatasinya ?
Coba sekarang bayangkan ilustrasi yg di sampaikan abah ihsan berikut ini :
Bayangkan istri Anda tiba2 dateng kepada Anda, lalu bilang.. bang pinjam kunci mobil boleh? lalu Anda pun tanya : mau kemana? (Padahal Anda tau istri Anda tidak bisa nyetir mobil). mau ke pasar, jawabnya...
Kemudia Anda tanya lagi, Sama siapa ? Sendiri. jawabnya. Kemudian Anda tanya lagi sekedar ingin memastikan kekonyolan istri Anda, nyetir sendiri ? 
Iyaa.. jawabnya.
Kira2… Anda akan memberikan kunci mobilnya tidak, atau Anda memilih mengantarkannya ke pasar..?
Tentu Anda akan memilih mengantarkannya kan.? Kenapa? Alasan pertama karena istri Anda belum tau ilmu nyetir mobil, sangat mustahil sekali pegang stir langsung bisa..
kedua, istri Anda bisa mencelakai dirinya sendiri, bahkan yg lebih parah bisa mencelakai pengendara lainnya.. atau bahkan orang yg sedang duduk2 d pinggir jalan bisa ikut celaka.
Nah begitu juga dengan mendidik Anak. Mengendarai mobil itu butuh ilmu, mendidik Anak juga butuh ILMU, mana mungkin kita mendidik anak2 kita dengan coba2 sementara saya sendiri contohnya, yg seumur hidup belum pernah memperoleh ilmu cara mendidik Anak... maka disinilah kemudian saya menyadari, mendidik Anak BUTUH ILMU. Bagaimana mungkin saya membangun rumah tangga, tanpa ilmu, tanpa bekal.. hanya bermodal TRIAL saja, alias coba2. bagaimana kalo kemudian EROR... ingat kaya iklan, anak kok buat coba-coba...

Mengapa penting belajar PARENTING ?

karena ini perintah Allah SWT. Jelas !!! saya ini kuliah di TEKNIK, seumur hidup belum pernah yang namanya belajar mengenai PARENTING, mending jika dulu kuliah ambil psikologi… minimal tau teorinya. BELAJAR cara mengasuh ANAK, dan tetek mbengeknya.. seperti ini jelas ternyata saya tidak punya skill tentang itu..itu kan kwajiban ISTRI ? Kata siapa??? Coba kalo dilihat dialquran justru yang diajarkan Allah melalui cerita2 adalah Ayah yang harus mengajarkan anaknya, tentang AKIDAH, AGAMA, DLL.. (buka surat ttg LUKMAN)
Yang kedua KARENA PERUBAHAN ZAMAN.. era sekarang ini tantangan mendidik anak jauh lebih berat, mengapa ? “KOMPETITOR” kita lebih banyak.. (HP, TV, Gadget, Internet,DLL) kalo kita tidak mengikuti perkembangan zaman, tidak UPDATE ILMU mana mungkin bisa bertahan, ingat NOKIA, BLACKBERRY mereka lenyap karena tidak belajar ?

sekarang saya tanya? Sudah pernah belajar PARENTING ? buku apa saja yang sudah Anda baca? Sebutkan…

kalo belum.. WAJIB bagi Anda belajar.. WAJIB… ingat WAJIBBBB…!!!

Taukah Anda bahwa memiliki seorang Anak adalah ANUGRAH, namun bila salah urus bisa menjadi MUSIBAH… Anak menjadi musibah biasanya disebabkan karena dua hal, yang pertama tidak diurus, artinya orang tua harus menyediakn waktu untuk anak, tidak membiarkannya, apalagi dititipkan. Ingat loh ya Anak itu TITIPAN, masak kita titipkan lagi… Coba bayangkan kalo PAK JOKOWI nitipin cucunya ke kita, pasti kita jaga bener2, lah ini Alloh yang nitipin, mosok berani dititipin lagi…
Yang kedua karena SALAH URUS, kebanyakan dari kita adalah SOK TAU, merasa cukup dengan ilmu dan pengalaman yang kita punya, maka kita mengajarkan kepada anak2 kita sebagaimana kita dulu diajar oleh orang tua kita, padahal BELUM TENTU BENAR.. saya baru menyadari setelah mengikuti PSPA ini ternyata BANYAK SEKALI yang salah dalam cara pengajaran saya, dan bahkan apa yang diajarkan orang tua saya dulu..
Dua hari ini Alhamdulillah saya mendapat banyak input positif, ILMU BARU bagi saya yg sangat saya butuhkan dalam mengarungi bahtera rumah tangga dan mendiidk anak. Terimakasih yang sedalam dalamnya kepada istri yang "memaksa" saya untuk HADIR dalam acara ini..
dan kepada siapapun Anda yang sekarang AKAN menjadi ORANG TUA, atau sudah menjadi orang tua, Jika ada kesempatan acara PSPA abah ihsan, tolong janggaaannn sekali-sekali Anda lewatkan.. Bisa jadi acara itu bisa menjadi titik balik pemahaman kita sebagai orang tua..
“jangan hanya kebetulan menjadi orang tua, tapi jadilah orang tua betulan” – Abah ihsan
Sebuah testimoni catatan untuk www.ekonovianto.com alumni PSPA semarang, monggo di share jika berkenan..

NOTE : saya adalah ayah yg berbisnis di bidang video shooting, jasa photobooth semarang, rental sewa multimedia, sewa lcd/proyektor semarang, rental leptop semarang, sewa xiaomi yi semrang, sewa gopro semarang, rental led videotron semarang, DLL

Sat, 3 Jun 2017 @14:52


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+1+2

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno