Dapatkan 5 manfaat ini, kalo Anda join di komunitas JPMI

image
Membangun jejaring bisnis adalah sebuah kebutuhan bagi seorang pebisnis. kemarin siang, saya berkesempatan untuk menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan oleh JPMI (jaringan pengusaha muslim indonesia ) wilayah semarang. Acara ini berlangsung di Hotel Grasia Semarang
baca juga : daftar hotel murah semarang

Jalanya Acara KOPDAR.

Acara yang berlangsung selama 4jam  tersebut terbagi menjadi dua sesi acara. Acara pertama diisi oleh Bpk Heru beliau adalah owner dari Hotel Grasia, sekaligus pengusaha yang juga Ketua Kadin kota Semarang. Pengalamannya membangun bisnis perhotelan beliau ceritakan dengan gayanya yang khas. 
Beliau lebih banyak menyampaikan tentang MEA, dan bagaimana perkembangan ekonomi dan prediksi paska diberlakukannya MEA terhadap dunia usaha. Jujur harus saya sampaikan materinya mungkin terlalu melangit bagi sebagian peserta yang rata-rata bisnisnya masih sekup lokal dan masih dalam skala UMKM. 
Pada kesempatan itu di sesi tanya jawab, diantara beberapa penanya saya sempat menanyakan hal yang mungkin diluar materi tekni. yaitu apa filosofi hidup beliau yang beliau pegang dalam menjalankan bisnis. katanya "untuk bisnis, lakukan yang terbaik". itu jawabnya singkat. kemudian beliau menambahkan beberapa masukan dan tips untuk kita-kita yang relatif masih muda ini. 
sedangkan pembicara yang kedua adalah pimpinan dari bank BNI syariah yang juga sekaligus sponsor dari acara KOPDAR ini. 
dari beliau tidak banyak yang disampaikan, lebih banyak cerita peran Bank BNI syariah dalam memajukan UMKM. 
Namun kalau saya perhatikan peran Bank BNI syariah ini terlalu fokus pada pembiayaan, sehingga mengabaikan peran pembinaan sendiri untuk UMKM seperti seminar atau pendampingan usahayang lain. Modal memang penting bagi UMKM akan tetapi jauh lebih penting lagi adalah bagaimana membangun Motivasi dan Inovasi dalam bisnis.
Sedangkan sesi kedua dari acara ini, yang sebenarnya jauh lebih menarik bagi pengusaha, yaitu  bisnis maching. bagi kami pelaku usaha, melakukan link and mach jaug lebih bermanfaat karena langsung memberikan dampak bertambahnya jaringan usaha. 
Teknisnya pun sangat sederhana, kami dikelompokkan menjadi 4 baris kelompok, saling berhadapan kemudian diberikan waktu untuk menjelaskan produk kita kepada pasangan didepan kita. Kemudian dalam hitungan berikutnya sisi ganjil bergeser sehingga mendapatkan pasangan baru untuk saling prospek. 
pada kesempatan ini saya pribadi menawarkan dua bisni saya : yang pertama adalah pelangi photobooth. pelangi photobooth adalah salah satu divisi jasa bisnis photobooth dari studiopelangi.melayani jasa photobooth untuk wilayah semarang dan sekitarnya (photobooth demak, photobooth ungarankendalkuduspati,  purwodadi dan jepara ). walaupun agak kurang pas segemen pasarnya saya tetap mencoba menawarkan sebagai bentuk sosialisasi saja. 
yang kedua saya menawarkan produk baru di divisi digital, atau pelangi digital media marketing. kalo produk ini sangat cocok, karena bagi saya, mereka ini semua adalah pengusaha baru yang sangat butuh bantuan dalam hal digital marketing. jadi, sengaja saya persiapkan pagi harinya untuk acara ini dan alhamdulillah antusias peserta lain sangat tinggi mengenai digital marketing, berikut ini promo brosurnya :  (promo digital marketing)
digitalpelangi.com ini adalah divisi baru dalam Pelangi Studio Groups, khusus melayani Marketing digital untuk UMKM, jasa video iklan youtube, jasa like fanspage, jasa SEO murah UMKM, dan website gratis. Ditunggu aja updatenya ya.. 
Acara kopdar seperti ini, bagi pengusaha sangatlah penting mengapa ?? setidaknya ada 5 manfaat utama yang bisa kita ambil dari acara-acara ini.

1. Jaringan Bisnis. 

JPMI, ikut komunitas ini dan rasakan 5 manfaat utama bagi Anda, pelaku bisnis

Dengan banyaknya orang yang tergabung dalam acara komunitas, Anda akan memiliki kesempatan mengenal pebisnis lain dari berbagai daerah dan latar belakang. Dengan begitu wawasan bisnis Anda akan berkembang dan bisa diaplikasikan pada bisnis yang sedang Anda jalankan. Terkadang dengan ikut acara KOPDAR atau seminar, kita jadi bertambah mitra baru, salah satu tools yang disiapkan adalah kartunama dan juga brosur jangan lupa.

2. Update Informasi. 

JPMI, ikut komunitas ini dan rasakan 5 manfaat utama bagi Anda, pelaku bisnis
Salah satu fungsi dari komunitas adalah mudahnya para anggota untuk saling bertukar informasi/pikiran atau sharing mengenai dunia wirausaha/bisnis. Anda akan menemukan ilmu yang terkadang tidak terdapat dalam teori bisnis. Sedangkan bagi yang belum memiliki usaha, perbincangan dengan orang yang sukses dengan bisnisnya akan semakin menumbuhkan keinginan Anda untuk segera memiliki usaha. Selain itu, dengan menambah komunitas, biasanya banyak sekali informasi seminar ataupun acara dapat Anda peroleh. 

3. Bertambahnya Relasi Bisnis. 

JPMI, ikut komunitas ini dan rasakan 5 manfaat utama bagi Anda, pelaku bisnis
Intensnya pertemuan/diskusi antar anggota dalam komunitas, baik itu dalam pertemuan offline maupun online menjadikan hubungan para anggota tidak sekadar hubungan biasa, sudah menjadi hubungan yang akrab dan emosional. Ketika dihadapkan pada suatu masalah, relasi bisnis bisa membantu dengan mendiskusikan bersama-sama atau memberikan solusi berdasarkan pengalamannya. dalam KOPDAR ini setidakanya ada beberapa komunitas yang tergabung, seperti TDA (tangan diatas), Komunitas ABA (Abdurrahman bin Auf ) learning bisni Centre, Komunitas JPMI (jaringan pengusaha muslim indonesia, komunitas GenPro (global entrepreneur professional ), Komunitas YUBI (yuk bisnis) dan masih banyak lagi. 

4. Mendapatkan Reseller, atau Order. 

JPMI, ikut komunitas ini dan rasakan 5 manfaat utama bagi Anda, pelaku bisnis
Bagi sebagian pengusaha, bahkan bisa langsung bertransaksi dengan mitra yang lain. sekaligus juga bisa menambah jaringan reseller bagi sebagian produk, ataupun menambah market seperti pelangi digital yang sedang saya kembangkan. 

5. Promosi Murah.

JPMI, ikut komunitas ini dan rasakan 5 manfaat utama bagi Anda, pelaku bisnis

dengan mengikuti acara yang menghadirkan banyak orang, sering sekali panitia menawarkan sponsorship untuk promosi dan sekaligus media untuk mengenalkan produknya kepada para peserta lain. jangan lewatkan kesempatannya.
JPMI, ikut komunitas ini dan rasakan 5 manfaat utama bagi Anda, pelaku bisnis

JPMI, ikut komunitas ini dan rasakan 5 manfaat utama bagi Anda, pelaku bisnis

JPMI, ikut komunitas ini dan rasakan 5 manfaat utama bagi Anda, pelaku bisnis
Oke.. jadi dengan bergabung dalam komunitas bisnis memiliki manfaat yang begitu besar, bukan? Dari komunitas bisnis, Anda akan bertemu banyak orang yang memiliki minat sama dengan Anda. Dengan mengenal banyak orang, tentu akan turut memajukan bisnis Anda di masa depan. Nah, bagi Anda yang belum memiliki komunitas bisnis, segeralah bergabung dalam komunitas bisnis di sekitar Anda! Jika tidak ada, segera temukan komunitas bisnis Anda. sekian sharing kali ini semoga bermanfaat.. 
salam. 
Ekonov

Fri, 26 Feb 2016 @10:53


1 Komentar
image

Fri, 3 Feb 2017 @20:32

Mebel Jepara

sangat bagus. semoga bermanfaat.
ditunggu angan postingan selanjutnya hehehe


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+9+3

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno