One Step Closer "Becoming professional Consultant"

image

Kok bisa sampai ke acara ini? 

Sejak kecil, saya tidak pernah membayangkan dunia konsultan, pendampingan, atau dunia BDS. Tapi hari ini, saya duduk diantara para konsultan pendamping dari berbagai provinsi dari seluruh indonesia. Hal ini bukanlah sesuatu yang kebetulan, dan bukan juga sesuatu yang murni by design saya. Tapi kalo kita menganalisa dengan berkaca dari ilmunya steve jobs... “Connecting the dot” yang menyatakan bahwa, selalu ada benang merah kejadian dimasa kini maka selalu berhubungan dengan masa lalu maka keberadaan saya disini lebih disebabkan karena latar belakang saya yang pernah mengikuti pelatihan Intermediator Teknologi dari kementrian ristek, kemudian perkenalan saya dengan cak samsul (salah satu konsultan senior dalam dunia pendampingan UMKM).  Sori, jadi cerita dikit mengenai latar belakangnya. 

Asal Muasal

Dan menurut saya, dua hal itulah yang menyebabkan saya bisa hari ini hadir untuk meningkatkan skills dan kemampuan bisnis dan sekaligus skills konsultan/pendamping UMKM yang lebih professional. Pertama keikutsertaan dalam pelatihan kemenkop disolo menjadi basic untuk saya bisa mengikuti pelatihan tingkat lanjut ini dan rekomendasi beliulah saya bisa diundang dalam acara yang sangat bermanfaat ini. 

Dari pelatihan ini saya banyak belajar mengenai bisnis. Tantangannya sebelum menjadi professional coach, atau konsultan UMKM adalah menerapkan pada bisnis saya sendiri apa-apa yang saya pelajari disini.  

Acara yang 100% free itu diselenggarakan di pontianak (kalimantan barat) dan ini merupakan kali pertama saya menginjakkan kaki di klaimantan ini. Acara yang berlangsung empat hari itu mengajarkan banyak hal.

  • kami belajar mengenai bagaimana cara kerja menjadi konsultan pendamping UMKM yang professional,
  • seperti siklus kerja seorang konsultan, 
  • memahami bedanya konsultan, coaching, mentor, trainer dan broker. 
  • Belajar pemasaran dan  branding baik melalui media sosial dan media yang lain. 
  • Kemudian yang tidak kalah menarik adalah belajar melakukan penilaian kesehatan KSP (koperasi simpan pinjam),
  • teknik mendiagnosis suatu bisnis kemudian dilanjutkan praktik. 
  • Hari ketiga selama seharian full kami belajar memperdalam ilmu bisnis model canvas langsung dari mentor sertified yang belajar dengan Alex Osterwalder  langsung –sang invented BMG-. 

Setelah kami berjibaku dengan materi selama empat hari, akhirnya selesai sudah acara tersebut, dan saya pribadi merasa banyak sekali manfaat yang diperoleh.. Maka saya menyimpulkan bahwa pelatihan Peningkatan Standart Kompetensi Pendamping LPB/BDS-P kali ini adalah sangat dibutuhkan bagi mereka para pebisnis, konsultan, dan pendamping UMKM. Baytheway nanti akan saya share sedikit, demi sedikit apa yang saya pelajari disana sambil mengamalkannya. 

Akhir cerita, kami sempatkan untuk mampir di tugu katulistiwa, tapi sayang, sebagai traveller saya melihat kurangnya optimalisasi wisata di sana, mungkin nanti saya ulas di artikel mendatang. 

video perjalanan ke pontianak

trailer video singkat

video pelatihan trailer pendek

UMKM expo di pontianak

Mon, 27 Oct 2014 @16:09


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+4+7

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno