Belajar OPTIMISME dari Klaster kerajinan Enceng gondok Ambarawa.

image

IKLAN : jasa outbound semarang Hp.0856-4020-3369 ekonovianto. cakrawala outbound semarang - professional


Belajar OPTIMISME dari Outbound Training dan Workshp Klaster kerajinan Enceng gondok Ambarawa.

Selalu ada OPTIMISME di balik Ancaman PASAR BEBAS..

Semangatt.. PAGIIII!!! sobat sukses mulia..

Kemarin..., saya sedang ada workshop rutin. Mungkin rekan-rekan semua blum banyak yang tahu, kalau sebenarnya setahun ini saya terlibat aktif dalam dunia pendampingan UMKM, terutama yang masih kategori UMKM (usaha Menengah atau KECIL menegah).

Sudah setahun kurang lebih, saya join bersama dengan GIZ ( sebuah lembaga konsultan kerjasama pemerintahan Jerman dengan Indonesia ). Sebenarnya program GIZ di Indonesia sangat banyak, namun saya hanya masuk di bagian pengembangan KLASTER terutama setahun ini saya berkesempatan mendampingi klaster Kerajinan Enceng Gondok  di ambarawa, dan klaster pariwisata di KUDUS.

outbound training semarang

outbound training semarang

Kebetulan pekan kemarin adalah jadwal untuk agenda workshop role model klaster umkm yang diselenggarakan oleh BAPPEDA kabupaten semarang dan bekerjasama dengan GIZ, sementara saya sendiri posisinya adalah local expert  nya GIZ di jawatengah atau semacam local consultance (karena biasnya selain lokal konsultan juga ada consultan internationalnya .  Nah sudah jelas kan situasinya seperti apa.. ?

Apa TUGASNYA lokal konsultan itu?

Tugas utama  dari local consultance seperti saya ini adalah mengUPGRADE skill dan kemampuan Entrepreneurship UMKM melalui workshop continues setiap sebulan dua kali dengan materi bisnis dan sesi konsultasi secara berkesinambungan. Sehingga, akhir desember nanti, ketika program ini seelsai dan pemerintahan Jerman sudah kembali ke negeranya, maka klaster dan UMKM akan dapat mandiri dan berkembang dengan kemampuannya sendiri, tanpa harus mengandalkan bantuan dari PEMDA atau SKPD di daerah mereka.

Kali ini saya ingin sharing mengenai OUTOUND (outbound semarangdan sekaligus workshop yang kami selenggarakan pertama kalinya di luar klaster mereka, kali ini lokasinya mengambil tempat di Wisata Bandungan, dan kami peserta menginap di salah satu hotel di bandungan.

Acara ini memiliki GOAL agar pengurus dan pelaku bisnis kerajinan enceng gondok, dapat semakin bagus kerjasama antar pengurusnya. Selain itu juga memberikan wawasan baru bagi mereka agar produk yang mereka hasilkan nantinya bisa bersaing dengan pasar globar yang akan datang sebentar lagi.

Patut diacungi jempol, bahwa generasi tua yang sudah berkecimpung selama 10 tahun dalam dunia kerajinan, masih semangat mengikuti pelatihan. Dan tidak kalah juga yang muda-muda yang baru akan memulai menekuni bisnis kerajinan ini. Selama dua hari full mereka belajar dan juga bermain.

workshop role model klaster kerajinan enceng gondok 

untuk sesi hari pertama kita memulai dengan mengumpulkan harapan-harapan dari peserta, kemudian dilanjutkan dengan simulasi GAME yang kami namakan FLYING EGG. yes.. sebagaimana namanya, peserta kami bagi menjadi 5 kolompok dengan masing-masing personil terdiri dari 5 orang. kemudian masing masing kelompok diberikan tantangan untuk membuat alat transportasi telur ini, agar bisa memindahkan telur ini dari lokasi yang di tentukan menuju sebuah tujuan yang sudah disepakati. 

dalam permainan ini, mereka berhak menentukan jenis apa saja transportasi yang ingin dibuat, yang jelas dalam team ini akan kami tunjuk salah seorang observer dari masing-masing kelompok. observer atau pengamat ini bertugas melakukan pengamatan untuk kelompoknya sendiri, selama proses berlangsung. observer akan menentukan siapa yang layak mendapat PIN Leader groups, PIN inovator, PIN komunikator, dan PIN supporter. dengan demikian setipa orang akan dinilai mereka layak menyandang gelar sebagai apa dalam proses tugas ini berlangsung.

Hasil peralatan transportasi yang dibuat oleh semua kelompok ternyata beragam.. ada yang membuat bentuk kereta, ada yang berbentuk gantole, mobil, balon udara, bahkan sampai yang betuknya tidak karuan.. hehehe..

memang bentuk disini menjadi penilaian kami sebagai jur, selain itu juga safety, dan juga keberhasilan membawa telur itu berpindah tempat tanpa pecah sampai tujuan.

foto para peserta outbound dan workshop giz.. + outboound semarang

outbound training semarang

kerajinan enceng gondok ambarawa

hari kedua acara full diisi dengan OUTBOUND lapangan, dan sharing session setelahnya.. outbound ini langsung saya handle sendiri dengan menyajikan games-games yang sederhana dan menghibur, sayang karena g bisa motret berhubung saya harus handle acara, maka foto menyusul ya.. 

saya mintakan ke dokumentasi besok.. :-D

kerajinan enceng gondok ambarawa 

 

Wed, 1 Oct 2014 @11:35


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 1+9+6

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno