5 Cara Memanfaatkan Video Untuk Pemasaran Online

image

Memiliki sebuah toko online memang memberi banyak pilihan kepada Anda dalam membangun komunikasi  pemasaran yang efektif dengan konsumen. Tidak hanya terbatas pada tulisan maupun gambar saja, tapi bisa juga melalui media video.

Banyak kelebihan dari menyematkan video dalam toko online Anda. Komunikasi melalui video dianggap lebih efektif dan lengkap. Dengan video, Anda bisa menyematkan berbagai visual (gambar atau grafik), audio (suara) maupun dengan tulisan dalam video sebagai keterangan.

Survei di tahun 2013 oleh Avaya Asia Pacific Customer Experience Index menunjukan, konsumen di Asia Pasifik semakin menyukai komunikasi multi-saluran dalam layanan pelanggan, dengan video muncul sebagai saluran layanan pelanggan baru.15 % pengguna yang disurvei mengatakan mereka telah terlibat dalam interaksi layanan melalui video dan kepuasan mereka melampaui 85% setelah menggunakannya.

Anda tentu juga tertarik untuk menggunakan video dalam berjualan online bukan ? Sebelum Anda mulai action, akan lebih baik jika Anda mengetahui berbagai cara memaksimalkan  video untuk sebagai  strategi pemasaran online bisnis Anda yang dikutip dari Duct Tape Marketing.

1. Viral Video Marketing

Video Viral adalah video yang menjadi sangat terkenal melalui proses berbagi di internet.  Bisa lewat email, media sosial maupun melalui situs berbagi video. Efeknya sungguh luar biasa dalam membangun popularitas suatu brand atau bisnis tertentu.

Contoh Video Viral yang  yang cukup sukses adalah iklan KakaoTalk dengan brand ambassador-nya JKT48. Coba cek di Youtube, video berdurasi 46 detik ini dalam satu bulan sudah mencapau 809.257 kali tayang. Luar biasa bukan efek viralnya.

2. Membangun Pengakuan Terhadap  Brand

Jika saya bertanya tentang nama search engine yang paling sering Anda  gunakan, tentu Anda akan langsung menyebut Google atau Yahoo bukan?

Anda tentu ingin merek Anda lebih dikenal oleh konsumen dan masyarakat. Salah satu cara yang paling efektif adalah melalui tampilan  video nan menarik. Visual lebih mudah diingat oleh konsumen dibandingkan hanya melalui rangkaian kata-kata yang mendeskripsikan merek Anda.

3. Gunakan Video Untuk Memperkenalkan Diri Anda

Tampilkan nama dan wajah Anda ketika memperkenalkan merek atau perusahaan Anda. Publik umumnya lebih suka menghubungkan suatu objek dengan sosok seseorang. Ada istilah “Manusia tidak bisa berjabat tangan dengan internet”. Karena itu masukanlah sosok Anda dalam video. Ceritakan latar belakang Anda, lalu alasan mengapa Anda mendirikan merek tersebut dan informasi-informasi lainnya. Jangan lupa, tetap kemas secara menarik ya.

4. Gunakan Video Untuk Menampilkan Testimoni

Seperti yang kita ketahui bersama, testimoni pelanggan merupakan hal yang penting dalam bisnis online. Hal ini mampu meningkatkan kredibilitas dan tingkat kepercayaan konsumen untuk bebisnis dengan Anda. Video merupakan media yang ampuh untuk menunjukan kepada konsumen, bahwa testimoni konsumen tentang produk atau jasa Anda adalah nyata dan tanpa rekayasa. Sehingga konsumen tidak perlu meragukan bisnis Anda. Perlu diingat bahwa modal utama dalam berbisnis adalah kepercayaan. Jadi, pastikan Anda terlebih dahulu mendapat kepercayaan dari konsumen Anda.

5. Tawarkan Tayangan “Di Balik Layar” Produk Anda

Bayangkan jika Anda sedang memesan menu Steak di suatu restoran yang baru buka. Namun seminggu sebelumnya, teman Anda sudah menceritakan tentang bagusnya restoran baru tersebut. Hal itu membuat malam sebelum pergi ke restoran, Anda sudah memimpikan bahwa makanan yang akan dicicipi disana rasanya sungguh enak. Saking bersemangatnya, Anda pun mulai berimajinasi saat daging Steak tersebut dimasak, hingga bunyi desis saat dipanggang pun terdengar sangat menggugah selera.

Nah, berikanlah juga sensasi tersebut kepada konsumen Anda dengan menyediakan tampilan di balik layar pembuatan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Jika mereka menyenanginya, mereka tidak hanya akan membeli di tempat Anda tapi juga membagikannya ke teman-teman mereka. Luar Biasa !

 

Itulah kelima hal yang bisa Anda maksimalkna dari fitur video untuk meledakan omzet bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

comments powered by Disqus

Sun, 15 Jun 2014 @13:50


1 Komentar
image

Mon, 16 Jun 2014 @06:37

jadilaris

Mantap broo


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 0+5+7

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno