belajar dari : @DennySantoso on Blogging and Dream Big

image

 

Am I a Blogger? I don’t really know the answer. Saya jadi teringat ketika masih sma ataupun kuliah, ketika banyak mendapatkan tugas menulis essay. Itu menjadi momok sendiri. It’s really hard for me to write something. But kalau dilihat hari ini, aku banyak sekali menulis artikel bahkan sampai membuat video blog, meskipun yang satu ini basically i’m really a newbie and masih belajar juga. I wrote 2 books juga di tahun 2008 and 2009. So bagaimana ceritanya saya yang kesulitan membuat essay ketika SMA tetapi sekarang banyak menghasilkan tulisan-tulisan.

.
Dimulai sekitar tahun 2006, saya sering sekali menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar fitness, diet dan suplementasi melalui Yahoo Messenger. Setiap hari banyak pertanyaan yang masuk, dan kebanyakan pertanyaannya sama semua. Bagaimana menurunkan berat badan? Bagaimana mengecilkan paha? Bagaimana menaikkan berat badan? Koq sudah mengurangi makan tetapi berat tetap saja tidak mau turun. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan semacam itu masuk ke YM saya setiap harinya.
.
Pada suatu hari, di awal tahun 2008, saya sedang ngobrol dengan teman saya. Dia menyarankan saya untuk membuat sebuah blog. Katanya “daripada kamu jawab satu-satu semua pertanyaan itu, mending kamu tulis di sebuah blog, nah tinggal kalau ada yang nanya, suruh aja baca kesana, lama-lama kan pertanyaan yang sama bisa berkurang”. Saya pikir bener juga ya, kenapa tidak terpikir sebelumnya. Dan akhirnya saya membuat blog di www.DennySantoso.com, yang berisi tentang artikel-artikel seputar diet dan nutrisi.
.
Saya menulis setiap 2-3 hari sekali, kemudian saya berpikir, nulis blog begini asyik juga ya, saya jadi punya kumpulan artikel. Kalau misalnya saya rutin nulis begini, setahun lagi, awal 2009 saya sudah memiliki cukup artikel dan bisa jadi buku nih. Buku menjadi sebuah goal baru di otak saya dan sepertinya LOA bekerja (Law of Attraction). Tidak sampai lama, hanya sekitar 4-5 bulan saya menulis blog, sebuah publisher datang ke saya, menawari saya untuk menulis sebuah buku diet.
.
Saya sangat tertarik karena itu memang goal saya, tetapi saya bilang bahwa gaya penulisan saya adalah seperti ini, blogging, sehingga saya mau menulis sebuah buku asal bentuk tulisannya adalah gaya blog yang dibukukan. Waktu itu masih jarang ada gaya blog dibukukan kecuali bukunya si Raditya Dika. Mereka setuju, dan untuk materi-materinya mereka mengambil dari tulisan-tulisan di blog aku. Mereka hanya mengedit sedikit untuk menyesuaikan dengan tata cara penulisan buku. Plus beberapa artikel yang kurang, saya diminta menulis lagi lebih cepat, sehingga akhirnya 6 bulan, selesailah script dari buku saya tersebut. December 2008, buku saya diterbitkan dengan judul Buku Rahasia Diet (www.BukuRahasiaDiet.com)
.
Tahun 2008 akhir, saya membuat sebuah portal lagi, dengan nama www.DuniaFitnes.com. Kalau blog saya isinya diet dan nutrisi, DuniaFitnes.com berisi latihan-latihan fitness dan olahraga. Kemudian menyusul tahun 2009, saya menyelesaikan buku saya yang kedua, Rahasia Diet 2: The Home Gym.
.
Fast forward di akhir 2010 saya mulai tertarik dengan twitter. Dan hal itu ternyata sangat menakjubkan. Pemanfaatan social network yang optimal, membuat saya mendapatkan banyak hal baru. Mulai dari kenal dengan banyak orang, sampai diundang talk show, seminar, radio dan yang terakhir tahun 2012 kemarin adalah materi-materi saya akhirnya dibuat dalam bentuk TV Show yang ditayangkan mulai December 2012 di MNC Lifestyle.
.
Saat ini, 2013, saya merambah ke platform lain yaitu Youtube (www.youtube.com/DennySantoso). Untungnya materi seperti yang saya bawakan ini cukup unik dan niche sehingga di Youtube masih agak jarang, membuat Subscriber saya di Youtube meningkat dengan cukup significant.
.
So for now, melihat ke belakang, dari kondisi SMA dimana menulis essay saja merupakan suatu hambatan, saya berhasil menulis blog, yang akhirnya menjadi buku dan terakhir menjadi sebuah TV Show sendiri. Sesuatu yang pada saat saya memulainya, belum kebayang sama sekali. So for you guys, kalau kamu memulai sesuatu yang baru, set your highest goal, siapa tahu itu akan datang lebih cepat dari yang kamu pikirkan:)
.
Hope you enjoy ‘my writing’ as always:)
.
Salam
.
@DennySantoso

 

Tue, 30 Apr 2013 @11:13


1 Komentar
image

Fri, 1 Nov 2013 @15:29

rie

artikelnya sangat menarik untuk saya simak dan menambah wawasan pengetahuan saya, nice infonya gan... sukses terus ditunggu artikel selanjutnya!!!


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+5+9

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno