Cara Bisnis Bersaing Dengan Ecommerce Besar

image

 

Karena bisnis Anda adalah UKM, Anda akan memiliki customer base yang lebih kecil dibandingkan ecommerce besar (misal Amazon/Ebay di US atau Blibli, Zalora, Rakuten di Indonesia), biasanya Anda juga akan memiliki jumlah produk lebih sedikit. Apa saja cara cara bisnis untuk bersaing melawan ecommerce besar ?

Dengan jumlah produk lebih sedikit, Anda harus memastikan bahwa Anda memahami customer Anda, apa yang mereka ingin beli, bicaralah pada customer Anda, tanyalah hal-hal seperti berikut ini :

  • Kenapa mereka membeli dari Anda ?
  • Barang lain apa lagi yang mereka akan beli jika Anda menjualnya ?
  • Apakah harga Anda kompetitif ?

Menurut Riana Bismarak, founder BelowCepek.com, ecommerce fashion dengan harga di bawah Rp.100 ribu :

Pemahaman terhadap customer bisa membawa kita kepada USP (Unique Selling Proposition) yang tidak head to head dengan ecommerce besar. Fokus pada apa yang kita punya dan tidak dimiliki oleh mereka (ecommerce besar), apa yang pasar kita sukai yang mereka tidak punya.  Saya yang pilih barang sendiri, styling dan ketemu supplier sendiri, saya memahami customer saya, bisa belajar trend customernya sehingga bisa melakukan personalisasi.

Setelah Anda sudah tahu keinginan pelanggan Anda, temukan produk niche yang mereka inginkan, daripada produk untuk massal. Temukanlah sumber-sumber dari produk  niche. Jika Anda  sulit menemukan produk-produk itu, begitu juga pesaing Anda. Jadikanlah barang tersebut sebagai “eksklusif” atau produk “private label” (tidak dijual massal).

 

Tue, 16 Apr 2013 @10:59


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 6+4+4

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno