Zona Nyaman : Pengertian & Exit Strategy

image

Pengertian Zona Nyaman

Pengertian nyaman adalah perasaan segar, nikmat, menyenangkan. Tetapi ketika nyaman dihubungkan dengan zona nyaman maka artinya tidak lagi menyenangkan. Pengertian zona nyaman adalah keadaan perilaku dimana seseorang berada dalam kondisi tanpa kecemasan, dengan perilaku yang dikondisikan untuk memberikan tingkat kinerja stabil, biasanya bebas dari resiko. Tidak ada ruang untuk petualangan dan kegembiraan dalam zona nyaman, bahkan, dari waktu ke waktu Anda mungkin merasa muak dan terjebak dalam kebosanan dan ketakutan.

Sudah waktunya untuk meregangkan batas-batas zona nyaman! Tidak hanya karena hidup Anda akan menjadi lebih menarik, tetapi Anda juga akan membangun kepercayaan diri dan meningkatkan keberuntungan Anda.

Lalu bagaimana cara keluar dari zona nyaman ?

# Membodohi diri sendiri.

Salah satu hal terbesar yang banyak membelenggu perkembangan pribadi adalah ketakutan kita tentang apa yang orang lain pikirkan. Saya yakin, Anda tidak ingin orang lain berpikir bahwa Anda adalah orang yang aneh atau menakutkan atau menjengkelkan atau mengganggu, bukan? Coba Anda pikirkan tentang orang-orang yang paling Anda cintai dalam hidup Anda. Mereka adalah orang-orang yang sangat perduli tentang diri Anda. Mereka adalah orang-orang yang menyenangkan tetapi mereka juga bisa memberikan kritikan dan komentar pedas untuk kesalahan-kesalahan yang Anda perbuat. Tetapi, orang-orang ini juga bisa mengampuni kekurangsempurnaan Anda. Jadi hancurkan kepedulian Anda untuk apa yang orang lain pikirkan tentang diri Anda. Anda diperbolehkan untuk menjadi kurang sempurna, dan Anda mungkin akan menemukan bahwa orang akan menyukai ketidaksempurnaan Anda tersebut, karena itu membuat diri Anda menjadi pribadi yang lebih menarik. Walaupun ditertawakan, tertawalah bersama mereka. Lakukan sesuatu yang biasanya tidak akan Anda lakukan karena takut terlihat seperti idiot. Jadilah si idiot. Pada kenyataannya, Anda akan baik-baik saja.

# Menghadapi ketakutan Anda.

Ada ketakutan besar, seperti ketinggian, laba-laba, ruangan sempit, atau darah, tetapi ada juga ratusan ketakutan halus yang kita turuti pada setiap hari. Seperti takut patah tulang, atau takut jatuh, atau takut kehujanan. Tindakan pencegahan apa yang Anda ambil setiap hari untuk menghindari keadaan “negatif” tersebut? Dan apakah situasi tersebut benar-benar layak untuk dihindari? JANGAN MENGHINDAR, HADAPI! Menjadi pribadi yang proaktif adalah hal yang baik, tapi membiarkan sebagian besar hidup Anda ditujukan untuk mencegah hal-hal yang tidak akan pernah terjadi adalah hal yang bodoh. Hal-hal kecil bisa berubah menjadi petualangan atau cerita lucu jika Anda membiarkan diri Anda untuk sedikit tidak nyaman.

# Menjadi nyaman dengan mengambil risiko.

Zona nyaman Anda nyaman karena Anda tahu apa yang Anda harapkan atau Anda tahu apa yang akan Anda dapatkan. Sisi lain dari kegagalan adalah keberhasilan. Anda mungkin kehilangan sesuatu dari kegagalan. Tapi Anda juga bisa mendapatkan sesuatu kan? Untuk menjadi nyaman dengan ketidakpastian itu, Anda harus berlatih sebagai berikut:

Hilangkan keterikatan. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan sesuatu, lakukan untuk kepentingan diri sendiri, sehingga Anda tidak terikat untuk mendapatkan hasil tertentu. Misalnya, jika Anda berjudi, berjudilah dengan uang Anda sendiri dan siaplah menerima kenyataan ketika Anda kehilangan uang Anda. Lalu, berjudilah untuk mendapatkan kesenangan dan kegembiraan dalam perjudian. Jangan terikat dengan keharusan untuk menang. Jika Anda menang, rayakan! Tetapi jika Anda kalah, itu bukan masalah besar bukan. Dengan kata lain, lepaskan keterikatan Anda untuk hasil tertentu dan fokus pada perasaan sukacita dari kegiatan yang sedang Anda lakukan, apapun konsekuensi yang mampu Anda tanggung.

Penerimaan. Ketika hal-hal tidak berjalan seperti yang Anda perkirakan, terima dengan lapang dada. Jika Anda masih berpegang ke zona kenyamanan Anda, Anda akan berpegang pada pemikiran bahwa dunia seharusnya menjadi tempat yang aman, dapat diprediksi, dan itu semua adalah ilusi. Buka mata Anda. Kenyataannya dunia adalah tempat yang dinamis dimana ada yang benar dan salah, ada yang aman dan bahaya. Semua prediksi belum tentu terjadi.

# Nikmati ketidaktahuan.

Kapan terakhir kali Anda merasa senang tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya? Jika Anda jauh terperangkap di zona kenyamanan Anda, pengalaman itu mungkin sudah cukup lama tidak dirasakan. Apakah Anda ingin merasakan kembali hal tersebut? Apakah Anda ingin kembali merasakan campuran perasaan waspada, ketegangan dan kecemasan yang membuat hati berdebar? Hidupkan kembali perasaan itu dalam kehidupan Anda!

catatan:

Jangan (salah artikan) melangkah keluar dari zona nyaman Anda dengan melakukan tindakan ceroboh dan bodoh. Ada perbedaan antara menjadi sembrono dan berani menerima risiko. Orang yang ceroboh tidak berpikir tentang resiko. Anda harus mengetahui risiko dan memutuskan dengan yakin untuk pergi dari zona nyaman Anda, siap dan bersedia menerima konsekuensi jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana Anda.

artikel sumber 

 

Wed, 27 Mar 2013 @14:09


1 Komentar
image

Wed, 4 Jun 2014 @00:01

Pengertian

Artikel yang sangat membantu untuk penyelesaian tugas saya.. terima kasih ya


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 9+8+7

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

 

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno