9 Tips Membuka Usaha Sendiri

image

Alasan utama sebagian besar orang membuka usaha adalah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Bagi sebagian orang membuka usaha adalah keterpaksaan karena tidak ada pilihan lain, bagi sebagian orang lagi karena ketidakpuasan atau ketidakamanan pekerjaannya yang sekarang. Bagi yang sedang mempertimbangkan membuka usaha sendiri, berikut adalah 9 tips membuka usaha:

Tips Membuka Usaha #1

Ketahui keahlian yang dimiliki dan ilmu yang dikuasai.

Tips Membuka Usaha #2

Pilih yang memiliki ketertarikan tertinggi, semakin Anda menyukai bisnis tersebut, semakin besar peluang keberhasilannya.

Tips Membuka Usaha #3

Pilih yang memiliki keunikan atau memiliki perbedaan dengan bisnis yang sudah ada, sehingga pelanggan menemukan sesuatu yang berbeda dan menarik perhatiannya. Keunikan ini akan membuat usaha Anda tidak mudah ditiru oleh calon pesaing.

Tips Membuka Usaha #4

Lihat tren yang berkembang, gaya hidup, dan perilaku pelanggan yang potensial agar siklus hidup produk dapat bertahan lama dan tetap berada pada masa pertumbuhan sehingga menghindari masa penurunan atau kejenuhan dan selalu melakukan inovasi.

Tips Membuka Usaha #5

Kemudahan akses menjadi hal yang patut dipertimbangkan, jangan sampai ide terbuang begitu saja dan hanya eksis dalam mimpi. Pikirkan kemudahan dalam mendapatkan bahan baku, peralatan pendukung, lokasi, dan komunikasi yang dapat mempertahankan bisnis dalam jangka panjang.

Tips Membuka Usaha #6

Pilih yang tidak melibatkan Anda secara penuh dalam pelaksanaannya nanti. Harus diingat bahwa sebagai wirausahawan, Anda tidak akan mengerjakan sendiri semua kegiatan, Anda harus terus berpikir dan melakukan kegiatan untuk membesarkan dan mengembangkan usaha yang juga memerlukan waktu yang banyak dalam persiapannya. Buatlah pendelegasian wewenang atau duplikasi pengelolaan serta membuat sistem yang dapat mengatur semuanya apabila kita tidak ada atau sedang berada di luar tempat usaha.

Tips Membuka Usaha #7

Jangan terlalu boros untuk menginvestasikan modal, apalagi melebihi kemampuan keuangan Anda.

Tips Membuka Usaha #8

Lakukan simulasi kecil sebelum bisnis dijalankan, agar mengetahui segala kemungkinan yang terjadi dan akan mudah mempersiapkan segala sesuatunya serta mempercepat mengatasi permasalahan.

Tips Membuka Usaha #9

Jangan lupa setelah segala sesuatunya dapat tergambar jelas dan sangat layak untuk dilakukan, Anda harus berani untuk melakukan semuanya. Seseorang yang ingin mahir bersepeda, maka dia harus langsung menaiki sepeda itu, meski pertama-tama mungkin perlu menggunakan roda pembantu, kemudian akan bisa dengan dua roda, walaupun dalam kenyataannya pasti menemui berbagai kesulitan dan merasakan pula jatuh di jalanan atau menabrak pohon. Semua itu harus dilakukan langsung dan bukan hanya teori, sekali lagi harus langsung praktek.

Membuka usaha sendiri memang tidak mudah, karena itu imbalannya pun tidak sedikit. Ingatlah pepatah einstein: ” A person who never made a mistake never tried anything new.” JANGAN TAKUT GAGAL!

 

 

 

Tue, 5 Mar 2013 @10:38


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

visitor counter

 

Copyright © 2018 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno