"Sukses By Design" pelajaran dari TDW @pestawirausaha 2013 ~ [ part 1 ]

image

 

3 hari kemarin merupakan hari yang sangat luar biasa. Bisa mengikuti serangkaian seminar bisnis yang diselenggarakan TDA ( komunitas Tangan Diatas ), dengan berbagai pembicara nasional yang sangat mumpuni dan berkualitas. Acara itu adalah pestawirausaha. Siapa saja yang datang, huuhhh manstab sekali.. bisa melihat bagaimana performa dan merasakan Aura para pembicara sekelas  JK secara langsung, menyaksikan bagaimana hebohnya pelatihan ala TDW ( tung desem waringin ).

Kemudian serentetan pembicara kelas berat seperti Pakar Otak kanan Ippho Santosa, Jamil Azzaini Trainer SuksesMulia , Pengusaha Sukses Sandiaga Uno, Muhammad Najikh, Heppy Trenggono Pemimpin Gerakan Beli Indonesia (IIBF), Renald Kasali dengan Rumah perubahannya , Menteri BUMN Bpk Dahlan Iskan, Hendy Setiyono pemilik Kebab Baba Rafi,  dan Ustadz Yusuf Mansur, dan masih banyak pembicara lain di growing stage, selain main stage..

Terkadang.. terbersit sebuah keinginan dihati, semoga suatu saat nanti bisa menginspirasi banyak orang seperti mereka.. dan menggantikan mereka untuk tampil didepan.. Amiin.. ( aminkan dong..? ) Hehe..

Btw sedikit saya ingin sharing sekilas tentang apa yang disampaikan oleh TDW kemarin dengan tema  “SUkse By Design” berikut adalah resumenya… :

Tung desem waringin mengawali trainingnya dengan sebuah cerita. Cerita ini adalah sebuat true story yaitu tentang Ekspedisi Antartika: Orang Pertama yang Mencapai Kutub Selatan, yaitu Robert Falcon Scott (Inggris) dan Roald Amundsen (Norwegia) masing-masing berlayar dengan kapal mereka yaitu Terra Nova dan Fram dalam upaya untuk menjadi yang pertama menginjakkan kaki ke kutub selatan. Ekspedisi mereka terjadi sepanjang tahun 1911 hingga awal 1912. Ekspedisi pimpinan Roald Amundsen adalah yang pertama mencapai Kutub Selatan pada tanggal 14 Desember 1911. Mereka menggunakan 52 anjing dan memberi makan anjing tersebut dengan bangkai sesama anjing yang mati. 

Saat kembali, ekspedisi hanya menyisakan 11 anjing. Robert Scott mencapai Kutub Selatan sebulan kemudian, tetapi terdapat lima orang anggota ekspedisi yang tewas saat perjalanan pulang melewati Ross Ice Shelf. saya tidak perlu menceritakan detailnya karena ceritanya cukup panjang, nanti Anda bisa googling cerita lengkapnya. 

Yang menjadi titik tekan dalam cerita ini adalah kesuksesan Amundsen lebih disebabkan karena dia sebelaum melakukan perjalanannya, dia melakukan banyak persiapan, seperti riset bagaimana kehidupan orang kutub, bagaimana transportasi yang sesuai, bagaimana karakter perjalannya dan lain sebagaiannya. TDW ingin menekankan bahwa kesuksesan itu harusnya by design dan bukan by accident.  

Maka seseorang bisa menjadi hebat itu karena pilihannya atau istilahnya GREAT by CHOISE. 

Setelah itu beliau bercerita tentang Jack Welch, dia adalah chairman dan sekaligus CEO dari GE ( general electric. GE mengantarkan enjadi perusahaan berkelas dunia dan selalu menempati top 3 perusahaan paling menjanjikan didunia ketika Jack Welch menjadi CEOnya, rahasianya adalah 2 hal : 

1. Orang (SDM)~

dalam memilih seorang karyawan atau team maka coba perhatikan pakem PIS berikut. P-nya adalah Passion, cobalah untuk menemukan passion Anda dan juga mencari crew yang memiliki passion yang tinggi dalam bekerja. Nah untuk I-nya adalah Intelligent (kecerdasan), maka carilah crew yang memiliki pengetahuan teknis yang lebih daripada kita sendiri. Sedangkan S-nya adalah Skills ( keahlian). 

Kemudian beliau sedikit mendalam tentang bagaimana menemukan passion cirri-cirinya adalah : 

  • - Tidak perlu dimotivasi, karyawan itu sudah termotivasi sendiri.
  • - Yang kedua hanya perlu di direct ( diarahkan saja)

Nah, bagaimana kalau karyawan kita tidak semangat, dan selalu harus dimotivasi ? DIPECAT saja!!!

foto : suasana training

2. System. 

Sistem disini adalah bagaimana agar urut-urutan dan tatacara kerja bisnis kita, kalo diulangi oleh siapapun menghasilkan karya yang sama. Contoh KFC, hamper disemua KFC di seluruh dunia, memiliki rasa dan cirikhas yang sama, karena system yang dibangunnya membuat standart yang tinggi dalam proses bisnisnya.

System disini dibagi menjadi 3 : yaitu MKS , Marketing, Kontrol, dan S nya adalah SDM.

Marketing : 

didalam marketing ada 3 hal yang tidak berubah,

  1. Tuhan 
  2. Perubahan itu sendiri 
  3. Hukum alam dan penciptaan.

Kaitannya dengan marketing, kita harus memahami hokum alam dan penciptaan dan perubahan pasar agar bisa memprediksi bagaimana market kita. Selain itu juga harus mulai men-segment pasar kita.

Sedangkan control yang dimaksud disini lebih kepada Control CASH. 

“Cash adalah aliran darah dalam bisnis” kalau tidak ada cash maka darah tidak mengalir, sehingga bisnis bisa mati.. nah kalau didalam bisnis ini selain tiu juga perlu di control stock barang, jangan sampai berlebihan atau sebaliknya kekurangan. Kontrol piutang juga, piutang yang berlebihan juga bisa menyebabkan mati, karena kita akan mengalami ran out of cash,  Jadi.. Utamakan terima cash diawal. 

sekian dulu ya, nanti saya sambung lagi, termasuk materi-materi SUPER KEREN dari semua pembicara yang hadir.. mo sarapan dulu nih, sampai ketemu lagi, dan stay terus tengok ekonovianto.com, jangan lupa mampir di www.studiopelangi.com untuk pesen video shooting.. :-D

oya jangan lupa untuk membagikan artikel ini baik via sosial media seperti twitter, facebook, atau kalo mau di copypaste juga gapapa kok.. asal tulis sumbernya, monggo berbagi kebaikan, berbagi inspirasi.. mau usul usul juga boleh di kolom komentar, atau sekedar tanya-tanya.. atau caci maki juga gapapa, asal positif.. :-D  Bersambung part 2 ya..

Tue, 12 Feb 2013 @09:36


1 Komentar
image

Sat, 24 Aug 2013 @22:20

DINA

sangat menarik dan inspiratif,,,memupuk motivasi dan segera mengaplikasikan,,, siap action,,,go sukses


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+2+9

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

 

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno