#5 Mitos Entrepreneurship - yang FAKTAnya harus diketahui semua orang.

image

 

Halo teman-teman semuamuaa.. lama ga menjumpai rekan-rekan melalui blog ini.. maklum, akhir tahun, banyak yang mesti dikejar, banyak juga deadline harus diselesaikan. Mengevaluasi targetan tahun kemarin, sekaligus menyusun resolusi untuk tahun depan… penting itu, kalo belum maka segeralah menyusun resolusi 2013, masih belum terlambat kok..

Ingin sedikit sharing tentang acara yang saya ikuti di banyumanik ahad kemarin. Sebuah acara kajian bisnis yang saya pikir sangat bermanfaat. Namanya juga manusia, kadang lupa dan jika ingin ahli dalam suatu hal maka harus lebih banyak belajar, banyak diskusi, banyak sharing dengan teman yang lain, dan jangan lupa Action!!!

Kamarin saya dapat dua  materi yang bisa merefres pengetahuan kita, ingin sedikit share semoga bermanfaat. Penyelenggara kajian bisnis ahad ini adalah IIBF. Sudah pernah denger?, pernah ikutan? Atau malah sudah jadi member?

IIBF adalah Indonesian Islamic Business Forum. Sebuah forum bisnis yang didirikan oleh Bpk. Heppy Trenggono, seorang pengusaha sawit, yang tergabung dalam balimuda united. Kegiatan-kegiatan IIBF yang terdekat diantaranya adalah Pengajian bisnis (5 januari ), Ambasador Camp (16-19 januari), IIBF’s Character Building (3 febuari), Klinik Bisnis ( 16 febuari ), Pengajian Bisnis ( 2 maret), Mulia pelatihan menjadi pengusaha ( 4 maret ). Info lengkap silahkan kunjungi web nya di  http://www.iibf-indonesia.com/.

Nah kemarin saya memperoleh satu materi yang inspiratif, oleh pak Aswandi, salah satu tangan kanan dari pak Heppy trenggono.

Awalnya beliau agak kebingungan, mau menyampaikan apa?, karena ternyata peserta yang hadir hingga 500an orang dan berasal dari berbagai kalangan, baik bisnis, akaemisi, bahkan karyawan. Kemudian beliau mulai bercerita tentang #5 Mitos Entrepreneurship.

Mitos #5. Entrepreneurship itu Bukan Untuk saya.

mind pengusaha

http://www.pitchcomp.com/wp-content/uploads/2011/03/innovationentrepreneurship.jpeg

Banyak mitos, yang berkembang di masyarakat kita, INDONESIA. Pada umumnya menganggap Entrepreneurship itu bukan milik saya (sebagian besar masyarakat). Buktinya bahwa tingkat entrepreneurship Indonesia masih rendah. Masyarakat menganggap bahwa jiwa kewirausahaan itu hanya milik pengusaha, dan hanya milik segelintir orang saja. Bagi karyawan pabrik, guru, bahkan mahasiswa, entrepreneur itu bukan miliknya. Jadilah bangsa kita ini tidak memiliki jiwa kewirausahaan, yang ulet, teguh, konsisten dan pantang menyerah menghadapi kehidupan. Padahal faktanya, semua lini kehidaupan akan baik bila mengawalinya dengan kewirausahaan. Bahkan lucunya, banyak sekali dosen di universitas yang mengajarkan kewirausahaan, tetapi mereka sendiri belum pernah berwirausaha, atau kalaupun pernah rata-rata gagal menjadi seorang wirausaha. Jadilah Negara kita ini diajar oleh orang yang hanya melihat dari buku dan teori..kurang menjiwai, dan kuliah serasa kurang Nendang..:-D

FAKTANYA : Entrepreneurship itu adalah milik semua orang.

Di IIBF, kita diajarkan bisnis untuk membangun kekayaan, dan bukan membangun orang yang keliatan kaya (sebagaimana kebanyakan orang di Indonesia ingin keliatan kaya )

Mitos #4. Selalu Yang dibutuhkan adalah MODAL.

http://bisnis07.files.wordpress.com/2008/09/wp-money.jpg

Kebanyakan seseorang jika ditanya, kenapa tidak  berbisnis? Banyak yang menjawab, wah tidak punya modal. Atau ketika ditanya apa kendala terbesar dalam binsis? Sebagian besar akan menjawab MODAL, Anda gimana???

Modal memang penting dalam membangun sebuah bisnis, tetapi menurut versi iibf, modal adalah bahan bakar dalam bisnis, bukan bagian dari resep. Ibarat membuat makanan, modal itu adalah apinya. Yang bisa membuat bisnis menjadi matang, modal memang perlu, tanpa modal (api) masakan tidak kana matang, akan tetapi jika modalnya (apinya) kebanyakan maka masakan (bisnis) akan terbakar dan gosong.. modal harus pas sesuai porsinya.

Lalu apa yang terpenting dalam bisnis, yang terpenting adalah “kompetensi”. Kompetensi akan membedakan bagaimana bisnis itu berjalan, bisnis yang dikelola dengan kompetensi maka akan menjadikan bisnis lebih berkualitas dan unggul. Lalu apakah bisnis harus berbasis keilmuan yang kita peroleh di kuliah.. ?? jawabanya kita ulas kapan-kapan. Panjang soale kalo mbahas ini.. (sy aja belajarnya ke stutgartt untuk mematangkan ilmunya)

Kembali lagi ke modal. Selain modal ada 2 hal penting yang harus di miliki seorang pengusaha : yaitu marketing strategy dan yang kedua ilmu memanajemen uang ( financial literacy : versi iibf)

FAKTANYA : Terlalu mudah uang / modal hanya akan menjadikan kita BODOH.


Mitos #3. Untuk SUKSES, diperlukan produk yang unik.

http://shannoneckroth.com/wp-content/uploads/2011/09/Unique.jpg

Dalam masayarakat kita berkembang kesepahaman, bahwa untuk sukses bisnis diperlukan produk yang unik, langka dan tidak ada yang menyamai.. hal ini memang sudah di setting dari sononya (maksudnya sekenario pasar global ) agar Indonesia ini bersibuk ria denga barang-barang langka, unik, tidak ada kembaranyya, bahkan di Negara kita cabinet bersatu jilid II ini juga diadakan kementrian kreatif kan??? Padahal sebaliknya, pasar Indonesia dibanjiri berjuta-juta produk rumah tangga yang dibuat di cina.. kita dijajah lagi secara ekonomi. Sementar kita disibukkan membuat sesuatu yang unik semisal angklung, batik, rajutan enceng gondok, tas tangan, ukir dll.. barang-banrang cina masuk secara massal ke Indonesia. Dari mulai baju, kaos, alat rumah tangga, barang-barang elektronik, makanan, bahkan jarum saja buatan luar.. Kalo bangsa kita tidak focus membuat barang pakai ini, maka kita selamaya akan dijajah secara ekonomi. Kalo dulu belanda saja datang dengan menunggang VOC (asosiasi dagang belanda) maka sekarang ada berjuta-juta VOC model modern yang menjajah bangsa kita, sementara kita sibuk bikin angklung yang produknya hanya laku beberapa gelintir saja. Sementara kita belanja besar-besaran karena kalah produk.. ya kan???

FAKTANYA : banyak sekali bisnis yang sukses lahir dari produk yang biasa saja.

“Ketidak cerdasan kita secara ekonomi, memuat kita tidak sadar bahwa kita sedang dijajah bangsa lain”

Mitos #2. Agar Cepat kaya, harus cepat besar..

http://www.stateofsearch.com/wp-content/uploads/2011/10/big-business-seo.jpg

Banyak yang berasumsi bahwa agar cepat kaya, maka bisnis harus cepat besar.. jadilah bisnis baru berjalan setahun dua tahun, tetapi tidak sabar untuk besar, akhirnya ambil modal dan buka cabang dimana-mana, padahal secara system belum kuat. Akhirnya collapse lah bisnis. Bahkan kata pak Aswandi, dia cerita ada bisnis yang frienchisenya sudah puluhan bahkan ketika ditanya, “Cashnya berapa??”  ownernya bingung dan tidak bisa menjawab, jadi selama ini hidup dari mana? Ternyata justru hidupnya jadi pembicara?? Lalu bisnisnya.. belum profit.

Dalam bisnis, BESAR memang penting.. tapi lebih penting lagi adalah menjadi KUAT. Kuat dalam tiga hal : pertama kuat secara KONSEP BISNIS, kedua KUAT secara Manajemen, dan yang terakhir KUAT Secara FINANSIAL.

FAKTANYA :  Percayalah, besar, belum tentu kuat, lebih penting KUAT dulu.. kalo sudah, BESAR itu hal yang MUDAH.
Mitos #1. Kaya Itu Gaya Hidup.

http://blog.jeremyrolleston.com/wp-content/uploads/2010/07/super-rich-luxury-lifestyle1.jpg

Banyak masyarakat kita yang melihat bahwa kenyataan orang kaya itu ya.. ya punya rumah mewah, mobil mewah, barang-barang mewah, dll. Padahal banyak orang yang berlomba-lomba memiliki barang-barang mewah itu tapi dengan hutang. Banyak yang ingin tampih wahhh.. tapi kenyataannya semuanya barang kreditan, dan justru parahnya sebagian besar orang-orang ini dari kalangan pekerja, dan bukan pengusaha. Karena logikanya, para pengusaha pasti mengerti bahwa bahwa Kaya itu dalah mental, bukan banyaknya harta. Sebagai bukti, banyak orang yang menang hadiah lotre jutaan dollar, di amerika, kemudian habis dalam waktu singkat. Kenapa, karena memang mentalnya bukan orang kaya. Dan sebaliknya ada orang yang walaupun  bisnisnya masih kecil, tetapi dia sudah bisa menghidupi orang lain, menggaji, bahkan mengembangkan kekayaan yang dimilikinya..

So FAKYANYA : KAYA itu adalah MENTALITAS..dan banyak yang membangun kekayaan justru dengan cara simplicity (kesederhanaan) bob sadino saja masih sederhana memakai celana pendek, dan kekayaannya  tidak diragukan lagi..

Conclution : 

Demikian sekelumit materi singkat tentang 5 mitos dalam entrepreneurship yang banyak disalah artikan, kemudian sesi siangnya barulah diisi dengan materi yang Luuar biasa.. yaitu #5 Rahasia bisnis, dibalik semua Rahasia.. yang mengubah hidup seseorang, simak ulasan berikutnya yaa…

 

Wed, 26 Dec 2012 @09:31


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+4+2

Poser Artikel
Kategori
Kata Mereka
Bisnis Q

photobooth semarang

cakrawala tour

Rara Shop

ekonov gallery

pelangi tour travel internasional

 

Link SUPPORT
visitor counter

 

Copyright © 2017 ekonovianto[dot]com · All Rights Reserved
powered by sitekno